Cari Event


Jadwal Event

Favorit

Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2017 : Festival Seni dan Budaya di Sulawesi Tengah

Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2017 : Festival Seni  dan Budaya di Sulawesi Tengah
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Palu, Sulawesi Tengah
Website : www.palunomoni.com
Start Date : Sep 21, 2017
Start Time : 08 : 00
End Date : Sep 26, 2017
End Time : 22 : 00
Views : 798

Pada tanggal 22 sampai 27 September 2017, sorotan akan beralih ke Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, saat Festival Nomoni Palu 2017 berlangsung dengan atraksi yang meriah dan semarak. Festival tahunan yang dimulai pada tahun 2008 ini awalnya disebut Festival Teluk Palu, namun belakangan ini ada penambahan kata "Nomoni" - yang berarti bergema - diambil dari bahasa etnis Kaili setempat, ditambahkan untuk menggambarkan niat Pemerintah Kota Paku untuk memperkenalkan  keindahan Palu bergema di seluruh Dunia.

Festival menarik selama 5 hari ini akan menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya termasuk pertunjukan musik kolosal 520 Lalove (seruling tradisional) dan 1.040 Gimba (panggung tradisional) di atas panggung bambu yang spektakuler yang disinari lampu Sulo (obor tradisional) yang akan ditempatkan di 520 poin di sepanjang teluk Palu. Juga akan ada lomba perahu tradisional sandeq, lomba berenang menyeberang teluk Palu, dan kompetisi seru lainnya.

Tahun ini, festival ini juga akan disorot dengan "Palu Nomoni International Marathon" yang merupakan event Marathon kedua di kota ini. Dengan menargetkan partisipasi 2.000 pelari, lomba akan dibagi menjadi kategori Full Marathon (42,195K), Half Marathon (21,1K), 10K, dan 5K. Lebih dari sekedar kompetisi yang berjalan, peserta akan dibawa ke beberapa tempat menakjubkan di Palu termasuk jalur 7 km di garis pantai yang mengarah ke garis finish.

“Tujuan utama festival ini jelas untuk lebih mempromosikan Palu sebagai daerah tujuan wisata unggulan di Sulawesi Tengah. Festival ini juga diharapkan dapat membantu mendongkrak kedatangan wisatawan ke kota yang tahun ini ditargetkan pada 500.000 wisatawan domestik dan 25.000 wisatawan internasional "kata Walikota Palu Hidayat.

Sementara itu, Menteri Arief Yahya menyampaikan apresiasinya atas acara tahunan tersebut dan perannya untuk melestarikan berbagai kemegahan budaya yang telah berkembang menjadi tempat wisata. "Acara ini merupakan media yang sempurna untuk melestarikan dan mengembangkan budaya tradisional masyarakat setempat, sekaligus meningkatkan perekonomian daerah" tambah Menteri Arief Yahya.

Kota Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah duduk di "leher" pulau K berbentuk Sulawesi. Palu adalah pintu gerbang ke Taman Nasional Lore Lindu dan lembah Bada yang misterius, di mana terletak patung megalitik yang tersebar menyerupai yang ada di Pulau Paskah, sementara ke timur lebih jauh adalah tempat menyelam di Kepulauan Togean.

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan akses ke: www.palunomoni.com

or cancel