Cari Tempat Wisata


Kampung Todo Flores : Desa Tradisonal yang Unik dan Indah di Kabupaten Manggarai , NTT

Kampung Todo Flores : Desa Tradisonal yang Unik dan Indah di Kabupaten Manggarai , NTT
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Desa Tradisional
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Kampung Todo, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)
Views : 138

Menjelajahi tempat-tempat baru dan permukiman tradisional adalah ide yang sangat menarik dan kegiatan yang menyenangkan terutama bagi traveler sehingga akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur, banyak kampung atau desa tradisional yang menanti Anda. Salah satunya terletak di Kabupaten Manggarai, yang disebut Kampung Todo. Kampung Todo ini merupakan bagian dari Kecamatan Satar Mese Barat yang juga diakui sebagai asal mula Kerajaan Manggarai, sehingga memberikan nilai sejarah dan keindahan bagi pengunjung. Saat ini, Kampung Todo menjadi tujuan liburan yang indah dan unik bagi semua orang.

Suasana Sekitar

Tidak ada fasilitas modern di Kampung Todo karena kampung ini merupakan pemukiman tradisional. Di sisi lain, Kampung Todo terdiri dari banyak fitur yang menakjubkan seperti pagar berbatu, lahan berumput, dan pemandangan yang indah. Fitur terbaiknya adalah rumah tradisional yang disebut Niang Wowang. Bentuknya mirip kerucut, ditutupi rotan. Di beberapa bagian kampung, Anda juga bisa menemukan beberapa drum kecil dan meriam kuno. Dengan semua fitur menarik yang ditawarkan, Kampung Todo harus menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menjelajahi Kampung Todo

Pertanyaannya adalah apa yang bisa dilakukan traveller di Kampung Todo. Pertama, menyaksikan sesuatu yang unik di pemukiman itu. Yang paling menarik adalah Niang Todo, yang merupakan rumah tradisional suku tersebut. Biasanya, wisatawan akan berfoto di depan rumah tersebut. Bahkan dimungkinkan untuk memasukinya dengan meminta izin ke penduduk setempat terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa bergaul dengan baik dengan penduduk desa, ada kemungkinan besar mereka akan mengundang Anda untuk makan malam. Menikmati makanan lokal dan mengobrol dengan orang-orang setempat merupakan pengalaman baru yang tidak terlupakan bagi semua pengunjung, jadi sebaiknya momen ini jangan dilewatkan.

Daya tarik berikutnya adalah Caci, merupakan seni bela diri Kampung Todo. Satu hal, seni bela diri ini tidak dilakukan setiap hari sehingga Anda perlu tahu jadwal terlebih dahulu. Bantuan pemandu lokal penting, karena dia mungkin memberi Anda informasi mengenai pertunjukan semacam itu. Selain sebagai daya tarik, Caci juga menjadi ajang ketika setiap keturunan Raja Todo berkumpul di satu tempat. Belum lagi orang-orang dari warga desa lainnya juga ikut serta dalam acara ini. Itu berarti akan menjadi pertunjukan yang menyenangkan dan menarik!

Selanjutnya, ada ritual yang disebut Wajo Mora. Yang satu ini juga meriah, karena akan banyak penduduk desa terlihat selama acara berlangsung. Acara ini adalah ritual sakral yang wajib bagi orang-orang di Todo. Jika penduduk setempat meninggalkan formalitas ini, dikatakan bencana besar akan terjadi dalam waktu dekat. Dengan semua daya tarik ini, jadikan Kanpung Todo menjadi tujuan Anda  saat berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur. Setuju?

Menuju Kampung Todo

Untuk mencapai Kampung Todo, Anda pertama sekali harus mencapai Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai.  Anda dapat mengambil transportasi darat dari Labuan Bajo, Ende atau Maumere. Setiap hari ada penerbangan dari Kupang ke Maumere dan Ende. Ada juga penerbangan setiap hari dari Denpasar ke Labuan Bajo, dan dua kali seminggu penerbangan dari Kupang ke Ruteng. Begitu sampai di Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai, sekarang saatnya menuju ke Kecamatan Satar Mese Barat dan terakhir di Desa Todo. Sebenarnya, Anda tidak memerlukan pemandu wisata karena rute ini dianggap mudah.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Nusa Tenggara Timurmore »

Event di Nusa Tenggara Timur more »

Atambua International Motocross 2017: Pertarungan Motocross Dua Negara

Atambua International Motocross 2017: Pertarungan Motocross Dua Negara

( Aug 11, 2017, 08 : 00 / Aug 12, 2017, 17 : 00 )

Tour de Flores 2017: Menjelajahi Keindahan Flores dengan Bersepeda

Tour de Flores 2017: Menjelajahi Keindahan Flores dengan Bersepeda

( Jul 13, 2017, 08:00 / Jul 18, 2017, 17:00 )