Cari Tempat Wisata


Pulau Rinca Labuan Bajo : Lokasi Terbaik untuk Menyaksikan Komodo di Taman Nasional Komodo

Pulau Rinca Labuan Bajo : Lokasi Terbaik untuk Menyaksikan Komodo di Taman Nasional Komodo
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Timur
Alamat : Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Views : 47

Kepulauan Nusa Tenggara di bagian tengah Indonesia menampilkan banyak pulau menarik dan masih alami. Pulau Rinca tidak terkecuali. Lokasinya berada di bagian barat Pulau Flores. Flores dan Rinca dipisahkan oleh Selat Molo. Lantas, apa yang bisa dilakukan wisatawan di sini? Pertama, Pulau Rinca adalah tempat wisata yang terkenal. UNESCO telah memilihnya sebagai salah satu warisan dunia. Itu karena Rinca adalah bagian dari Taman Nasional Komodo. Bagian lainnya adalah Motang, Padar, dan Pulau Komodo. Di sini, Anda bisa menemukan banyak binatang liar dan pemandangan indah.

Nuansa Alam

Dari segi pemandangan, Pulau Rinca sangat mirip dengan Pulau Komodo. Pulau Rinca memiliki fitur pantai yang indah dan beberapa bukit. Tanah di sini sebagian besar ditutupi oleh padang rumput. Anda dapat menjumpai banyak hewan liar di sini. Di pantai, ada beberapa speedboat yang diparkir. Semua itu milik para pengunjung yang sedang menjelajahi Pulau Rinca. Airnya menakjubkan dan hangat. Pantai di sini juga dilengkapi beberapa karang kecil. Dari bukit, Anda bisa menyaksikan langit yang menakjubkan dan merasakan suasana tenang dan damai. Dengan nuansa yang dimiliki, Anda bisa menghabiskan liburan panjang yang sangat memuaskan di sini.

Pulau Rinca berada seluas sekitar 18.500 hektar yang juga merupakan rumah tempat tingga bagi sekitar 2.000 lebih komodo. Pulau ini menampung lebih banyak dari Pulau Komodo. Biasanya wisatawan menjelajahi Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Mereka ingin membandingkan kadal raksasa itu dan melihatnya dengan mata kepala sendiri. Apa yang membuat pulau-pulau ini berbeda satu sama lain? Di Rinca, Anda bisa menemukan Patung Komodo. Tingginya sekitar 3 meter dan terletak di dekat gerbang dermaga. Begitu masuk gerbang utama, Anda bisa melihat beberapa komodo liar terdekat. Tapi Anda perlu waspada sebab gigitan hewan purba ini sangat berbahaya.

Kadal ini hidup bebas di Pulau Rinca. Pengunjung seharusnya tidak sembarangan disini. Ada beberapa penjaga taman dan mereka memantau hewan-hewan ini secara profesional. Satu hal, Anda seharusnya tidak pernah membawa makanan ringan atau makanan. Kadal raksasa memiliki hidung yang besar. Mereka mampu melacak makanan dari jauh. Itu berarti mereka akan mendatangi pengunjung yang membawa makan karena umpan itu. Belum lagi mereka sadar akan bau darahnya. Wanita dalam periode haid seharusnya tidak masuk taman. Hanya penjaga taman yang bisa memutuskan apakah wisatawan bisa berkeliling di sini atau tidak.

Aktivitas

Aktivitas terbaik di Pulau Rinca adalah menjelajahi pulau secara keseluruhan. Ada rute yang berbeda untuk menjelajahi Pulau Rinca. Ini termasuk jalur pendek, menengah, dan panjang. Masing-masing menawarkan daya tarik tersendiri. Pengunjung yang masuk dalam rombongan, Seorang ranger dapat membimbing Anda selama perjalanan. Anda bisa melihat sarang Komodo. Di sini, kadal ini bisa bertelur. Bagi mereka yang mencari petualangan yang lebih baik, tersedia rute yang lebih panjang. Hal ini juga memungkinkan untuk mendaki bukit. Bila cuacanya bagus, Anda bisa melihat pemandangan yang luas dan indah dari puncak bukit.

Pulau Rinca baru permulaan petualangan di Taman Nasional Komodo. Ada tempat indah lainnya untuk dikunjungi, yaitu Motang, Kode, dan Pulau Padar. Tempat terbaik adalah pasti Taman Nasional Komodo yang terletak di Pulau Komodo. Selanjutnya, Anda harus pergi ke Taman Nasional Loh Liang. Taman ini terletak di dekat Labuan Bajo. Jika Anda menyukai petualangan, Anda bisa bergabung dengan Komodo Cruises. Ini sebenarnya tur harian. Anda perlu berbicara dan negosiasi dengan manajemen. Terletak di Jalan Soekarno Hatta, Labuan Bajo.

Menuju Lokasi

Dibutuhkan sekitar 2 jam dari Labuan Bajo. Tujuan Anda adalah pintu gerbang Loh Buaya atau Pulau Rinca. Waktu terbaik untuk berangkat adalah di pagi hari. Anda bisa melihat matahari terbit sambil mengendarai speedboat. Begitu sampai di pulau ini, Anda perlu bertemu dengan pawang binatang. Dia akan menjadi panduan Anda untuk menjelajahi lokasi ini.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Nusa Tenggara Timurmore »

Event di Nusa Tenggara Timur more »

Atambua International Motocross 2017: Pertarungan Motocross Dua Negara

Atambua International Motocross 2017: Pertarungan Motocross Dua Negara

( Aug 11, 2017, 08 : 00 / Aug 12, 2017, 17 : 00 )

Tour de Flores 2017: Menjelajahi Keindahan Flores dengan Bersepeda

Tour de Flores 2017: Menjelajahi Keindahan Flores dengan Bersepeda

( Jul 13, 2017, 08:00 / Jul 18, 2017, 17:00 )