Favorit

Kuliner Khas Makassar : Kepiting, Seafood dan Coto Makassar

Sebagai kota pelabuhan yang panjang dan terletak dekat dengan beberapa perairan terdalam di kepulauan Indonesia, Makassar adalah tempat terbaik untuk mengisi perut  dengan kekayaan makanan lautnya. Dari kepiting cabai yang nikmat sampai ikan bakar, udang kukus dan semua jenis makanan laut, semuanya baru saja ditangkap dari laut. Ini ditemukan di banyak tempat di Makassar, yang paling populer dekat Pantai Losari. Ini adalah alun-alun di tepi pantai dimana pada malam hari Anda akan menemukan penjaja yang menjual aneka makanan tradisional yang tak kalah nikmatnya.

Tetapi jika Anda mencari restoran yang khusus Seafood,  Cobalah kepiting Makassar yang terkenal. Anda bisa meminta pihak restoran untuk mengemas beberapa kepiting yang dimasak untuk dibawa dengan pesawat untuk dibawa pulang dan berbagi dengan keluarga Anda. Berikut adalah beberapa tempat paling populer:

Surya Super Crab

Restoran ini menyajikan kepiting segar yang benar-benar kepiting dengan rasa yang lezat! Cobalah Kepiting Saos Padang dengan beberapa roti Mantao.

Lokasi:
Jl. Nusakambangan 16
Makassar

Ratu Gurih

Restoran ini merupakan salah satu restoran terbaik di Makassar yang menyajikan makanan laut goreng atau bakar yang segar. Restoran ini memiliki berbagai hidangan makanan laut dari ikan, kerang, udang, cumi sampai kepiting. Restoran ini juga memiliki hidangan khas Sulawesi seperti Ayam Rica-Rica pedas.

Lokasi:
Jl. Lamadukelleng No. 9
Kec. Makassar, Kota Makassar
Sulawesi Selatan

Lae Lae

Ini adalah restoran yang menyediakan makanan laut lain yang terkenal dengan sajian ikan segar. Ketika Anda baru saja datang, pilihlah ikan hidup yang Anda inginkan, dan para karyawan restoran akan memanggangnya untuk Anda. Ikan tersebut akan disajikan dengan berbagai bumbu dan semangkuk nasi putih.

Lokasi:
Jln. Datu Museng 8
Makassar

 

Kuliner khas Makassar lainnya adalah:

Coto Makassar / Coto Mangkasara

Coto Makassar adalah rebusan dengan banyak  kacang tanah. Ini mungkin hidangan paling terkenal dari kota ini. Protein utama di piring adalah daging sapi dan sering disajikan dengan jeroan juga. Semangkuk sup mangkuk panas yang lezat ini, tentu saja disajikan paling enak dengan sepiring beras melati yang hangat.

Sebuah restoran yang menyajikan salah satu masakan Coto Makassar terbaik adalah Coto Makassar Nusantara yang terletak di Jalan Nusantara tepat di depan pelabuhan Makassar.

 

Sop Saudara

Sup daging sapi ini disajikan dengan mie atau nasi, kue kentang, jeroan dan telur rebus. Penduduk setempat biasanya memakannya dengan sepiring nasi hangat dan bandeng bakar. Aroma semangkuk sup ini sendiri akan membuat mulut Anda berair dan perut Anda bergemuruh. Pasti harus dicoba!

Sebuah tempat yang bisa Anda nikmati semangkuk nasi yang enak ini ada di Warung Pangkep Sop Saudara di Jalan Irian di Makassar.

 

Konro Bakar (Tulang Rusuk Bakar)

Ini juga salah satu masakan paling populer dari Sulawesi Selatan dan selalu menjadi favorit bagi semua meatlovers. Konro Bakar, atau tulang rusuk bakar, disajikan dalam dua cara, baik sebagai sup atau cukup dipanggang, tentu saja sepiring nasi hangat dan bumbu sesuai dengan keinginan Anda.

Salah satu tempat yang menyajikan beberapa Konro Bakar terbaik adalah Konro Karebosi di Jl. Gunung Lompobattang no. 41, Makassar 90115, Indonesia.

 

Pisang Epe - Kue Pisang Spesial Makassar

Ini adalah kue spesial Makassar yang populer.Pisang matang dipanggang dan diratakan kemudian ditutupi dengan saus gula merah yang dicampur dalam berbagai saus yang mencakup durian atau jus nangka, dan pada bagian atas dilapisi taburan kolat dan keju yang sehat. Yang terbaik ditemukan di kedai makanan dan penjaja di Pantai Losari.

 

Barongko

Barongko adalah sejenis makanan penutup pisang kukus atau kudapan yang terbuat dari sagu (tepung beras), santan dan gula aren, dan dikukus di daun pisang. Dulu, makanan penutup ini hanya disajikan kepada raja dan ratu dahulu kala dan dianggap sebagai santapan kerajaan. Hari ini Anda bisa membelinya di supermarket, toko roti atau pasar tradisional di sekitar Makassar.

 

Es Pisang Ijo

Ini adalah makanan penutup lainnya dengan pisang sebagai bahan utamanya. Pisang dibungkus adonan hijau yang terbuat dari pandan dan santan, kemudian diiris dan disajikan dalam semangkuk es, sirup dan santan.

Salah satu tempat yang bisa Anda nikmati suguhan manis ini adalah di RM Bravo di Jalan Andalas No. 154 di Makassar.