Favorit

5 Air Terjun yang Luar Biasa dan Paling Menakjubkan di Lombok

Ketika orang-orang melakukan perjalanan ke Pulau Lombok, mereka mengharapkan versi yang lebih damai dari tetangganya yang lebih terkenal di Bali. Sinar matahari yang cerah, pantai berpasir putih yang lembut, air seperti kristal yang jernih, atau bahkan mendaki ke puncak Gunung Rinjani yang perkasa hanyalah beberapa aktivitas yang muncul dalam pikiran Anda saat memikirkan Lombok.

Namun, pulau yang megah ini masih memiliki beberapa rahasia lainnya yang menunggu untuk ditemukan. Banyak yang datang ke pulau tersebut gagal menyadari bahwa Lombok menyembunyikan beberapa air terjun terbaik di nusantara. Menjelajahi air terjun adalah hal terbaik untuk dilakukan di setelah menjelajahi pantai yang  sudah biasa dilakukan. Perjalanan ke air terjun biasanya terdiri dari perjalanan di hutan, paling baik dipimpin oleh pemandu berpengalaman, yang berakhir dengan pemandangan dan sensasi yang sangat fantastis sehingga perjalanan yang melelahkan akan sangat berharga.

Saat Anda berada di Lombok, luangkan waktu untuk menjelajahi pulau lebih jauh dan dengan mengunjungi beberapa dari air terjun yang menakjubkan ini selama Anda tinggal.

 

1. Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep

Terselip di desa Senaru di sebelah utara pulau itu, Lombok Utara adalah dua Air Terjun terbaik dan paling populer di Lombok, Sendang Gile dan Tiu Kelep, terletak di kaki Gunung Rinjani yang megah. Desa ini terletak sekitar 2 ½ jam perjalanan dari Mataram, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat.

Menurut masyarakat setempat, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa Sasak. "Tiu" berarti kolam renang, dan "Kelep" berarti terbang. Sementara itu, nama Sendang Gile diambil dari sebuah legenda yang menceritakan tentang seorang pangeran yang dikejar oleh singa yang gila. Dia berlari ke hutan dan bersembunyi di balik air terjun, oleh karena itu namanya menjadi Sendang Gile.

Hanya membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dari pintu masuk untuk melihat air terjun Sendang Gile yang luar biasa, yang merupakan kelanjutan dari air terjun Tiu Kelep. Jalan yang jelas menuju air terjun melewati hutan hujan lindung yang rimbun dipenuhi pepohonan tropis yang menjulang tinggi. Begitu sampai di sana, Anda bisa menikmati pemandangan air yang menghancurkan bebatuan atau berenang di kolam yang sejuk dan segar.

Jika Anda menginginkan perjalanan yang lebih seru di hutan yang akan menghasilkan petualangan yang lebih memuaskan, selanjutnya melangkah lebih jauh ke air terjun Tiu Kelep. Perjalanan menuju air terjun kedua di daerah ini memakan waktu sekitar 45 menit dengan trekking melalui hutan yang rimbun. Jembatan yang digunakan untuk menyeberangi sungai juga bisa tampak cukup menakutkan bagi mereka yang takut ketinggian.

Tapi perjalanan itu akan sangat berharga saat Anda tiba di tengah hiruk pikuk air yang deras sekitar 45 meter menuruni tebing sebelum menyentuh bebatuan di bagian bawah.

 

2. Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Ini adalah pasangan air terjun  lain yang harus Anda lihat saat Anda mengunjungi Lombok. Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, hanya satu setengah jam berkendara dari Pantai Senggigi, Benang Stokel dan Benang Kelambu adalah air terjun yang terletak hanya sekitar satu kilometer terpisah satu sama lain. Pemandangan unik yang dilihat dari air terjun ini adalah disamping disambut oleh pemandangan air yang mengalir dari tebing yang melewati bebatuan bergerigi, Anda juga akan melihat pemandangan air yang mengalir di antara tanaman yang rimbun.

Jalan beraspal akan menjadi perjalanan yang cukup nyaman meski masih melelahkan. Anda juga bisa menemukan beberapa kios di sisi jalan tempat Anda bisa membeli handuk kecil, minuman, makanan ringan atau bahkan nasi kaput.

Nama Benang Setokel berarti seikat benang. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat dan masing-masing area setinggi 20 meter. Air berasal dari hulu sungai di Gunung Rinjani. Di sini, Anda bisa bermain dan bersenda gurau di kolam yang menyatukan hujan deras.

Setelah itu, perjalanan menuju air terjun Benang Kelambu yang menakjubkan terdiri dari sekitar dua sampai tiga tingkat. Kata "Kelambu" berarti tirai, dinamai sesuai tanaman yang membingkai air terjun seperti jendela dan gorden. Karena air mengalir langsung dari mata air di Gunung Rinjani, airnya bersih dan dikatakan aman untuk diminum.

 

3. Air Terjun Mayang Putek

Meski Lombok memiliki puluhan air terjun yang menakjubkan, air terjun Mayang Putek adalah yang paling unik dari semuanya. Mengapa? Karena airnya mengandung belerang yang penduduk setempat percaya memiliki khasiat penyembuhan karena airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani. Air terjun setinggi 60 meter ini terletak di desa Bilok Petung di Kabupaten Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Seperti banyak nama air terjun Indonesia, nama Mayung Putek terkait dengan legenda setempat. Dulu di lokasi ini, rusa putih sering terlihat mandi atau minum, maka nama Mayung Putek, yang secara harfiah berarti "Rusa Putih".

Perjalanan ke air terjun, bagaimanapun, adalah perjalanan sekitar 30 menit turun tangga, melewati sebuah bukit dan kemudian menyeberangi sungai. Meski perjalanan menuju air terjun nampak sederhana, perjalanan kembali sedikit lebih sulit. Namun, akan sangat bermanfaat bila merasakan manfaat dari mandi belerang yang bagus yang bisa menyembuhkan rasa sakit dan nyeri Anda dan berbagai penyakit lainnya. Belum lagi pemandangan unik dari "rusa putih".

 

4. Air Terjun Jukut / Jeruk Manis

Inilah salah satu air terjun Lombok yang diyakini memiliki khasiat magis tersendiri. Penduduk setempat percaya bahwa air terjun yang terletak di kaki Gunung Rinjani di sebelah selatan Taman Nasional Gunung Rinjani dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan memberi nutrisi pada rambut. Ya, penduduk setempat percaya bahwa mencuci rambut Anda di perairannya akan menyembuhkan Anda dari kebotakan atau membantu Anda mempertahankan kilauan rambut Anda.

Tempat berlindung bagi pecinta alam, air terjun setinggi 30 meter dan mengalir ke sungai yang sempit dan tempat berbatu. Setelah membeli tiket masuk air terjun di gerbang masuk, Anda perlu berjalan sekitar 15 menit sekitar 1,5 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Dalam perjalanan ke air terjun, Anda akan melewati jalan yang terbuat dari batu datar dan sekitar 180 anak tangga. Sepanjang jalan Anda akan menemukan berbagai jenis tanaman menarik dan satu atau dua binatang, seperti monyet atau rusa.

Jika Anda merasa bosan berjalan kaki, Anda bisa beristirahat di salah satu dari tiga berugak / gazebo yang tergeletak di sepanjang jalan setapak. Namun, yang terbaik adalah jika Anda melewati kelelahan Anda sedikit lebih lama dan beristirahat di gazebo yang terletak paling dekat dengan air terjun. Di sini, Anda akan dapat melihat pemandangan hutan lindung yang terbentang di depan Anda seperti lapangan golf hijau yang besar.

 

5. Air Terjun Tiu Tedja

Jika Anda tidak senang dengan perjalanan panjang dan petualangan melalui hutan, daripada perjalanan menuju air terjun di atas mungkin tampak tidak menarik. Namun, bagi Anda yang menginginkan pengalaman indah berkelana ke air terjun tanpa trek yang melelahkan. Tiu Tedja adalah tujuan yang sempurna untuk para peselancar, orang-orang yang tidak begitu fit dan orang-orang yang menginginkan perjalanan sederhana menuju air terjun yang indah.

Tidak seperti banyak air terjun Lombok lainnya, perjalanan ke Tiu Tedja hanya memakan waktu sekitar 15 menit dari pintu masuk melalui perjalanan lembut langkah-langkah semi permanen. Terletak di Lombok Utara , ini pada dasarnya merupakan air terjun dengan jalur paling ramah di Lombok.

"Tiu" berarti air sedangkan "Teja" berarti pelangi dalam bahasa daerah Sasak. Karena itu, air terjun ini dijamin bisa memberi pemandangan yang menakjubkan ditambah dengan pelangi jika Anda beruntung. Bonus lain adalah Kolamnya relatif dangkal dan sempurna untuk berenang.