Favorit

5 Tempat Unik dengan Aktivitas yang Menantang dan Mendebarkan di Pantai sekitar Yogyakarta

Tahukah Anda bahwa Yogyakarta selain merupakan pusat beberapa budaya dan tradisi terbaik di Indonesia  juga merupakan pintu gerbang ke beberapa petualangan pantai yang paling mengasyikkan di Indonesia?

Ya! Yogyakarta bisa menjadi titik tolak bagi beberapa petualangan seru di Indonesia; Dari selancar pasir, panjat tebing sampai ke sensasi menggembirakan yang hanya berjalan melintasi jembatan gantung.

Di bawah ini, kami telah menemukan daftar beberapa pantai yang baru ditemukan di dekat kota Yogyakarta di mana Anda dapat menemukan jenis petualangan yang berbeda. Beberapa di antaranya cukup jauh dan mungkin belum memiliki banyak fasilitas. Sebarkan artikel ini sekarang untuk mempersiapkan petualangan anda selanjutnya di provinsi Yogyakarta!

1. Pantai Siung

Pantai Siung telah berkembang dalam popularitas tidak hanya untuk keindahan pantainya yang berpasir, tapi juga untuk pemandangan yang paling indah. Ada lebih dari seratus tempat di mana Anda bisa mendaki tebing bergerigi untuk menikmati pemandangan panorama yang menakjubkan. Pantai Siung benar-benar tempat  untuk pemanjat tebing tingkat tinggi yang mengharapkan pemandangan menakjubkan setelah seharian mendaki.

Menuju Lokasi

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya sekitar 80 km (sekitar 2 jam perjalanan) dari kota Yogyakarta. Wisatawan disarankan untuk menyewa kendaraan karena tidak ada layanan angkutan umum ke tempat ini.

 

2. Pantai Pok Tunggal

Hanya sedikit orang yang tahu tentang rahasia yang ada di antara tebing padat yang dikenal dengan nama Pantai Pok Tunggal: pantai berbatasan dengan dua bukit raksasa yang telah dikembangkan sebagai tempat wisata. Tentu, mendaki ke puncak salah satu bukit ini, atau bahkan keduanya, adalah cara pasti menikmati panorama yang indah. Apa istimewanya pantai ini? Pohon Duras yang unik berdiri sendiri di pinggir pantai berpasir putih. Petualanagn pantai berpasir putih ini dibuka untuk umum pada tahun 2012.

Menuju Lokasi

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Hanya sekitar 15 menit berkendara dari Pantai Indrayanti yang populer atau sekitar 70 km dari kota Yogyakarta.

 

3. Pantai Krakal

Pantai Krakal adalah salah satu tempat paling favorit bagi penduduk setempat. Selain menjadi daerah nelayan, pantai ini sangat cocok bagi peselancar ahli untuk menguji manuver mereka terhadap terumbu karang. Menghadapi karang ini, bagaimanapun, adalah sebuah tantangan dan harus dilakukan hanya oleh peselancar ahli dan bukan untuk pemula. Sayangnya, tidak ada posting yang menawarkan penyewaan papan selancar sehingga kalian semua peselancar terampil, jangan lupa bawa papan selancar sendiri!

Menuju Lokasi

Pantai Krakal terletak di desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Tidak ada layanan transportasi umum ke pantai ini. Kota terdekat ke pantai adalah Wonosari (sekitar 23 km). Sementara itu, pantai berjarak sekitar 2 jam perjalanan, atau 50 km, ke arah timur Yogyakarta.

 

4. Pantai Sinden

Pantai Sinden telah mendapatkan semua popularitas baru-baru ini karena jembatan gantung yang menghubungkannya ke pulau kecil yang dikenal sebagai Pulau Kalong (Pulau Kelelawar). Di sinilah Anda bisa menguji keberanian Anda berjalan di sepanjang jembatan gantung yang terlihat tipis (tapi tentu saja benar-benar kokoh), sambil menikmati pemandangan ombak menabrak bebatuan di bawahnya. Apakah Anda memiliki keberanian untuk mencobanya?

Menuju Lokasi

Pantai Sinden dan Pulau Kalong terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Ada angkutan umum tapi akan lebih mudah bagi Anda untuk menyewa kendaraan pribadi. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan atau jarak sekitar 80 km dari kota Yogyakarta.

 

5. Gumuk Pasir Parangkusumo

Jika Anda mencari jenis petualangan yang berbeda, maka datanglah ke Gumuk Pasir Parangkusumo. Daerah ini merupakan bukit pasir yang dikenal sebagai tempat yang tepat untuk berselancar pasir (juga dikenal sebagai sand boarding). Mengingat hanya ada beberapa tempat di dunia dimana Anda bisa berselancar, inilah tempat terbaik bagi mereka yang mencari tantangan unik. Ditambah lagi, meski ada bukit pasir pesisir yang tersebar di seluruh Indonesia, Vietnam dan Filipina, Gumuk Pasir Parangkusumo yang unik adalah satu-satunya tempat yang digunakan secara komersial untuk surfing pasir.

Menuju Lokasi

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Menggunakan kendaraan pribadi menempuh sekitar 1 - 1,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta.