5 Tempat Wisata yang Luar Biasa di Sekitar Imogiri

Daerah Imogiri dihormati karena menjadi komplek pemakaman kerajaan bagi para raja dan ratu dari Kerajaan Mataram yang terletak di Yogyakarta. Bertengger di lereng Gunung Merapi, pemakaman tersebut memiliki tangga yang diatur sedemikian rupa untuk ditempuh sebelum Anda mencapai puncaknya. Tangga terpendek berisi 9 tangga, simbol Walisongo, sembilan promotor pertama Islam di Jawa, sementara 346 tangga terpanjang menandai waktu 346 tahun yang dibutuhkan untuk menyelesaikan kompleks tersebut. Setelah kunjungan Anda ke tempat-tempat kerajaan, luangkan waktu untuk menjelajahi sekitarnya di mana Anda dapat menemukan tempat-tempat luar biasa yang harus Anda kunjungi untuk menikmati kemegahan alam di sekitar Yogyakarta ini.

 

1. Hutan Pinus Imogiri

Ekowisata telah menjadi kekuatan daerah ini, dengan banyak hutan, pegunungan dan air terjun tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan. Salah satu yang paling terkenal adalah hutan pinus Imogiri, yang juga dikenal dengan hutan pinus Mangunan. Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi, kebanyakan oleh orang muda yang suka bersuka cita besar di hutan sub tropis ini. Pasangan yang ingin mengambil foto pre-wedding juga datang ke sini untuk mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pemandangan foto dramatis dalam nuansa romantis pohon pinus.

Alamat: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul

 

2. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah ini memiliki banyak pilihan buah-buahan tropis. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari proses pembiakan sapi. Terletak di ketinggian 150-200 m di atas permukaan laut , Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang menakjubkan seperti pantai Parangtritis di Samudera Hindia di selatan, kota Bantul ke barat diselingi oleh tikungan dan lekukan sungai Oya yang dramatis.

Alamat: Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783

 

3. Seribu Batu Songgo Langit

Nama "seribu batu" mengacu pada medan berbatu di lokasi, sementara "songgo langit" atau "menjunjung tinggi langit" mengacu pada bukit di dekatnya, yang terlihat seperti menjunjung awan dan mendukung langit.  Tempat ini selalu penuh dengan pengunjung, terutama di akhir pekan. Anda bisa memilih untuk memotret rumah, pondok hobbit, jembatan dan banyak spot lainnya di sini.

Alamat: Dusun Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta

 

4. Air Terjun Gerojogan Lepo

Lepo adalah singkatan dari Ledok Pokoh, desa tempat air terjun yang mempesona ini berada. Muncul dengan kolam alami dengan warna hijau muda, menenangkan setiap mata yang memandangi airnya. Ada tiga tingkatan kolam dengan tiga lingkungan yang berbeda, jadi pastikan Anda menjelajahi semua keindahannya.

Alamat: Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

 

5. Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya adalah kompleks campuran yang digunakan untuk menampilkan koleksi seni dan vintage serta pertunjukan tradisional. Museum ini juga memiliki perpustakaan, restoran dan hotel yang nyaman yang dibangun dengan arsitektur Jawa. Jika Anda berniat untuk tinggal di sini, Anda bisa menikmati ruangan yang luas dengan interior etnik dan kolam renang yang sejuk menghadap sawah hijau. Ada sembilan pondok individu dengan berbagai nama dan bentuk, yang menggambarkan gaya rumah arsitektur tradisional ikonik yang ada di Jawa.

Alamat: Jl. Parangtritis KM 8.4 Timbulharjo, Sewon, Yogyakarta