Favorit

Pengalaman Pendakian Gunung Terbaik di Indonesia

Berada di "tempat terpanas" di Cincin Api, Indonesia adalah tempat Anda bisa menemukan beberapa gunung berapi aktif paling spektakuler yang benar-benar menawarkan sensasi mendebarkan tersendiri.

Beberapa gunung berikut adalah gunung paling menakjubkan yang pasti akan memuaskan Anda untuk petualangan yang paling mendebarkan.

Gunung Merapi

Sementara pandangan megah Gunung Merapi yang agung di Yogyakarta di Pulau sudah menjadi kemasyhuran tersendiri, sensasi menaklukkan gunung berapi paling aktif di Indonesia ini benar-benar menawarkan sensasi tersendiri. Berdiri di ketinggian 2.911 meter di atas permukaan laut, mendaki sepanjang aliran lava yang sejuk yang mencapai puncak gunung berapi yang megah ini, Anda akan disambut oleh matahari terbit yang spektakuler dengan pemandangan panorama 360 derajat yang menakjubkan.

 

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani yang perkasa adalah gunung berapi besar yang menjulang di atas pulau Lombok. Pendakian  ke puncak adalah salah satu pengalaman yang paling menggembirakan yang bisa Anda dapatkan di Indonesia. Pada ketinggian 3.726 meter, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia. Selain puncaknya yang mempesona, gunung ini juga menawarkan keindahan Danau Kaldera Segara Anak dengan air biru jernihnya yang sangat sejuk.

 

Gunung Tambora

Sama seperti Gunung Toba di Sumatera Utara, Gunung Tambora juga dikenal sebagai salah satu gunung berapi super dunia. Namun, jika mega letusan Gunung Toba - yang terjadi di masa lalu geologis - hanya meninggalkan jejaknya di Danau Toba yang masif, Gunung Tambora, sebaliknya, masih sangat aktif, berdiri hari ini dengan ketinggian 2.751 meter. Terletak di dekat tepi utara pulau Sumbawa, gunung yang menakjubkan ini menarik banyak ahli seismologi, ahli vulkanologi, arkeolog, ahli biologi, dan pendaki gunung yang paling pasti dari seluruh dunia yang menikmati sensasi menaklukkan trek yang menantang.

 

Gunung Semeru

Pada ketinggian 3.676 m di atas permukaan laut, puncak Gunung Semeru - yang dikenal sebagai Mahameru - adalah titik tertinggi di Jawa tidak hanya di ketinggian tetapi juga sangat penting bagi pengikut Hindu di pulau ini. Gunung ini terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang meliputi area seluas 800 kilometer persegi di pusat Jawa Timur. Bagi pendaki gunung, menaklukkan tantangan berat untuk mencapai Mahameru jelas merupakan tonggak sejarah.

 

Taman Nasional Gunung Gede - Pangrango

Karena letaknya yang mudah diakses di dekat ibu kota Jakarta, Taman Nasional Gunung Gede- Pangrango dengan panorama spektakulernya merupakan tempat favorit bagi pendaki gunung domestik maupun internasional. Taman nasional ini menawarkan kesempatan mendaki ke tidak hanya satu tapi dua puncak - Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Pemandangan dari puncak dan kawah Gunung Gede menakjubkan saat matahari terbit dan saat matahari terbenam, sedangkan di lokasi yang dikenal dengan Alun-alun Suryakencana, Anda bahkan bisa menemukan ladang bunga Edelweiss yang mempesona yang tumbuh di daerah tropis.