Cari Tempat Wisata


Air Terjun Efrata : Salah Satu Tempat Wisata Terbaik di Samosir

Air Terjun Efrata : Salah Satu Tempat Wisata Terbaik di Samosir
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Air Terjun Efrata, Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara
Views : 76

Samosir terkenal dengan pemandangan Danau Toba yang menakjubkan yang menjadi tujuan liburan paling favorit di Sumatera Utara. Namun, traveller juga datang karena berbagai alasan. Misalnya, mereka ingin menyaksikan keindahan Air Terjun Efrata yang merupakan tempat wisata yang mempesona. Air Terjun Efrata terletak di Desa Sosor  Dolok, Kecamatan Harian, Samosir. Jaraknya sekitar 20 km dari Ibukota  Kabupaten Samosir, sehingga Anda bisa mencapainya dengan mudah. Meski merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Sumatera Utara, tidak banyak wisatawan mancanegara yang datang kesini. Itu karena orang asing belum mengenalnya.

Perjalanan memakan banyak waktu. Belum lagi dibutuhkan stamina ekstra. Jika Anda tiba di air terjun di malam hari, Anda perlu mencari tempat untuk tidur. Beberapa orang ingin membuat tenda. Hal ini dimungkinkan karena lokasinya bagus untuk berkemah. Tidak hanya menawarkan suasana damai, tapi juga menawarkan pemandangan Danau Toba yang indah. Dekat dengan air terjun, Anda mungkin menemukan restoran lokal. Ini menjadi tempat yang tepat untuk mengisi kembali energi Anda. Sebenarnya, Anda bisa masuk ke lokasi dengan bebas tetapi Anda harus membayar biaya parkir.

Air Terjun Efrata memiliki tumpahan yang kuat. Bahkan lebih kuat lagi saat musim hujan. Tingginya sekitar 25-26 meter dan memiliki lebar 10 m. Sumber airnya berasal dari pegunungan Bukit Barisan. Begitu sampai di lokasi, Anda bisa merasakan suasana sejuknya. Belum lagi fitur latar belakang yang menakjubkan. Ada beberapa fasilitas seperti toilet dan pondok kecil. Karena belum dikelola secara maksimal, Anda mungkin akan kecewa dengan fasilitas yang ada di sini. Mudah-mudahan, pemerintah daerah lebih memperhatikan tempat wisata ini.

Air terjun ini memiliki keindahan yang belum terjamah. Anda bisa bermain di dekat air atau menjelajahi tempat-tempat wisata terdekat. Dalam beberapa kesempatan, ada penambang pasir lokal. Mereka sebenarnya adalah warga desa Sosor Dolok. Bagi banyak orang, kehadiran mereka merepotkan. Itu karena Anda tidak bisa mengganti pakaian dengan nyaman karena orang-orang itu. Masalah lainnya adalah lokasinya. Anda perlu melihat langkah Anda saat mencapai air terjun. Jalannya tidak begitu mulus. Untungnya, Air Terjun Efrata terletak di dekat pemukiman lokal. Anda bahkan bisa meminta bantuan mereka untuk menemani Anda ke air terjun.

Air Terjun Efrata dikelilingi oleh pepohonan liar. Meski memiliki pemandangan yang indah, airnya tidak sejernih air terjun lainnya di Sumatera Utara. Namun, itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Anda juga bisa membangun tenda disini. Bagi keluarga, air terjun menjadi tempat yang bagus untuk tamasya keluarga. Pastikan Anda membawa beberapa barang seperti pakaian ekstra, uang, makanan ringan, air kemasan, dan obat nyamuk.

Menuju Lokasi

Air Terjun Efrata terletak di dekat Danau Toba. Dari Samosir, Anda bisa langsung mengunjungi Kecamatan Harian. Selanjutnya, Anda harus mengunjungi Desa Sosor Dolok. Dari sini, Anda perlu menghabiskan sekitar 10 menit berjalan. Dekat dengan air terjun, ada Menara Pandang Tele. Anda bisa melihat pemandangan danau yang menakjubkan dari menara ini. Secara keseluruhan, air terjun itu harus menjadi salah satu tujuan liburan terbaik saat Anda berada di Samosir. Anda tidak boleh melewatkannya!

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sumatera Utaramore »