Cari Tempat Wisata


Air Terjun Tunan di Minahasa Utara : Air Terjun Tertinggi di Sulawesi Utara

Air Terjun Tunan di Minahasa Utara : Air Terjun Tertinggi di Sulawesi Utara
Kategori : Wisata Alam / Air Terjun
Lokasi Indonesia / Sulawesi Utara
Alamat : Air Terjun Tunan, Desa Talawan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara
Views : 54

Sulawesi Utara kaya akan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Selain Bunaken yang terkenal, ada tempat wisata lain yang akan menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Air Terjun Tunan; Air terjun ini terletak di Desa Talawan, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara.

Air terjun ini memiliki tinggi yang mencapai 85 meter dan memiliki tumpahan arus yang cukup deras. Meski masih belum populer, karena minimnya promosi pemerintah daerah namun keindahan air terjun Tunan sangat menakjubkan. Saat musim liburan tiba, air terjun Tunan akan dipenuhi wisatawan.

Nuansa di sekitar air terjun masih asli, mata bisa melihat pepohonan hijau yang terlihat sangat sejuk di mata. Tampilannya menjadi lebih dramatis dengan nuansa suara gemericik dari air terjun yang menenangkan pikiran.

Di air terjun ini Anda bisa berenang di kolam air di bagian bawah air terjun sambil menikmati percikan segar dari arus air terjun. Kolam renang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter dan di sekitar kolam renang terdapat banyak batu yang licin. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati saat bermain di dalam air terutama jika Anda membawa anak-anak dalam perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus Anda sediakan saat mengunjungi air terjun Tunan; Jangan lupa membawa baju ganti, siapkan jumlah uang tunai karena di sekitar air terjun ini tidak ada mesin ATM yang tersedia. Dalam hal makanan, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitarnya ada banyak penjual makanan dan minuman yang menggunakan tenda.

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tunan bisa dicapai dari Kota Manado atau Bandara Sam Ratulangi. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, mobil sewaan atau angkutan umum untuk sampai ke lokasi. Tapi untuk angkutan umum cukup sulit ditemukan. Jadi lebih baik menggunakan mobil pribadi atau menyewa mobil.

Biaya sewa mobil umumnya sekitar Rp 250.000, - per hari. Tapi jika ingin menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik bus dari Terminal Karombas menuju ke Dimembe. Dari Dimembe Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sulawesi Utaramore »