Cari Tempat Wisata


Gunung Halimun : Tempat Menikmati Petualangan Alam yang Menyenangkan

Gunung Halimun : Tempat Menikmati Petualangan Alam yang Menyenangkan
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Jawa Barat
Alamat : Gunung Halimun, Jawa Barat
Views : 214

Halimun adalah Bahasa Sunda yang diterjemahkan sebagai "kabut". Bagian yang lebih tinggi dari Gunung Halimun yang berada di wilayah utara, hampir selalu tertutup oleh kabut dengan ketinggian 1.929 meter. Perjalanan ke dataran tinggi ini akan memberi Anda kesempatan untuk menghirup udara sejuk yang menyegarkan dan menenangkan mata Anda dengan tanaman hijau yang subur dan luas.

Gunung Halimun  ini terletak di dalam batas Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kawasan konservasi seluas 400 km di provinsi Jawa Barat, terbentang melalui tiga wilayah di Bogor-Lebak-Sukabumi. Didirikan pada tahun 1992, telah menjadi habitat aman bagi owa Jawa dan lutung Jawa yang terancam punah.

Untuk tindakan pengamanan, mendaki gunung saat ini sangat dilarang. Tapi jangan khawatir, karena masih banyak kegiatan outdoor untuk dinikmati bersama teman dan keluarga. Trail Canopy adalah salah satu pengalaman yang paling dinanti. Ini adalah jalan melalui jembatan kanopi 125 meter 30 meter di atas tanah, didukung oleh 7 pohon besar. Jembatan hanya bisa menahan lima orang pada setiap perjalanan, dan tidak disarankan untuk melakukan perjalanan setapak selama hujan.

Trekking hutan juga merupakan kegiatan utama bagi mereka yang menghargai keindahan alam. Membawa pemandu berpengalaman untuk mendampingi perjalanan Anda bahkan lebih berkesan. Anda juga bisa belajar banyak hal baru dari hutan.

Air terjun Cimacan juga merupakan tempat yang tepat untuk bermain. Airnya yang dingin, segar dan pasti membuat latar belakang foto menjadi lebih menakjubkan. Jangan lupa membawa pakaian ekstra jika Anda berencana berkunjung kesini. Danau kecil di bawahnya memikat untuk bermain air.

Rasakan teh semilir yang semarak di Perkebunan Teh Nirmala yang mempesona dengan sedikit kebun mawar yang indah. Mengambil teh berkualitas baik dan luangkan waktu untuk menyerap semua suasana damai yang mengelilingi Anda. Di sinilah Anda bisa melihat pemandangan elang dengan anggun terbang di atas. Anda juga tidak ingin ketinggalan petualangan malam, mencari jamur fosforus yang bersinar dalam kegelapan,  sangat menarik!

Transportasi Sekitar

Tanah yang indah adalah yang terbaik untuk dinikmati dengan berjalan kaki. Bila Anda perlu melangkah lebih jauh ke dalam Taman Nasional, Anda selalu dapat berkonsultasi dengan penjaga hutan untuk transportasi lokal.

Penginapan

Umumnya ada tiga pilihan akomodasi di daerah ini. Yang pertama adalah fasilitas eksklusif yang dibangun di Stasiun Penelitian Cikaniki. Saat ini dihuni oleh peneliti dari seluruh dunia yang sedang melakukan studi di alam konservasi Taman Nasional. Tapi, Anda dapat mencoba meminta otoritas taman untuk mengosongkan ruangan selama perjalanan yang direncanakan.

Pilihan kedua adalah tinggal di kalangan lokal di wisma atau homestays di sekitar Citalahab. Guest house adalah rumah dengan 5 kamar dan terletak di antara penduduk setempat. Di sisi lain, homestay merupakan pengalaman yang lebih intim karena Anda akan tinggal di rumah orang-orang yang tinggal di kawasan Taman Nasional.

Baik guest house maupun homestays memiliki tarif kamar yang bervariasi sesuai dengan keluarga masing-masing yang mengelola properti. Selain itu, Anda juga memiliki keuntungan mengalami kehidupan lokal sehari-hari. Anda dapat meminta beberapa layanan memasak dari desa asli untuk menambah pengalaman keterampilan kuliner.

Terakhir adalah berkemah yang tersegmentasi menjadi beberapa blok. Beberapa diantaranya adalah Citeniab Camping Block dan Mount Bunder Camping Block. Jika Anda mencari tempat berkemah ramah anak-anak, maka Cangkuang Camping Block adalah tempat yang sesuai karena kedekatannya dengan pusat Ekowisata.

Menuju Lokasi

Dari Jakarta, berkendara melalui Jalan Tol Jagorawi. Ambil jalan keluar di Ciawi lalu menuju ke Sukabumi ke Parung Kuda. Belok kanan di Stasiun Kereta Api Parung Kuda dan lanjutkan ke Kabandungan (kantor Taman Nasional Gunung Halimun Salak). Dari sana, Anda bisa melanjutkan ke pos Cikaniki (atau berkendara menuju Citalahab hingga menemukan homestay).

Biasanya memakan waktu sekitar 3-5 jam untuk keseluruhan perjalanan. Juga disarankan agar Anda mengemudikan kendaraan roda 4 untuk menjelajahi medan bergelombang.

Jika memilih naik angkutan umum, pilihlah rute Jakarta-Sukabumi dari terminal bus terdekat. Berangkat ke Parung Kuda dan dilanjutkan naik minibus L300 yang akan mengantar Anda ke balai kota Kabandungan, lalu naik minivan Elf menuju perkebunan teh Citalahab. Bila Anda tidak dapat menemukan Elf,  Anda bisa menyewa ojek setempat atau menyewa mobil pribadi setempat.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Jawa Baratmore »

Event di Jawa Barat more »

Bandung: Tuan Rumah Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

Bandung: Tuan Rumah Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

( Aug 26, 2017, 07 : 00 / Aug 26, 2017, )