Cari Tempat Wisata


Lolai Tana Toraja : Menyaksikan Keindahan Kampung Negeri di Atas Awan

Lolai Tana Toraja : Menyaksikan Keindahan Kampung Negeri di Atas Awan
Kategori : Wisata Alam / Mendaki, Jelajah dan Pegunungan
Lokasi Indonesia / Sulawesi Selatan
Alamat : Lolai, To’tombi, Desa Mamullu, Kecamatan Kapala Pitu, Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan
Views : 81

Tana Toraja menawarkan lebih banyak keindahan alam daripada sekedar hal menyeramkan. Misalnya, ada Kampung Lolai di Tana Toraja Utara. Kampung Lolai dikenal sebagai Negeri Di Atas Awan di antara para wisatawan. Mengapa demikian? Berkat lokasinya. Desa ini terletak di dataran tinggi, sehingga Anda bisa menyaksikan pemandangan yang indah dari sini. Bahkan, Anda bisa melihat awan yang menakjubkan dari sini. Lolai masuk dalam bagian Kecamatan Kapala  pitu. Sebuah formasi gunung juga menjadi ciri khas di lokasi ini. Selain memikat pemandangan, Anda juga bisa menikmati budaya lokal yang tidak kalah menariknya.

Nuansa Alam

Setiap desa di Tana Toraja memiliki karakteristik yang sama. Misalnya, Anda bisa melihat Tongkonan. Ini adalah kompleks rumah tradisional Tana Toraja. Karena bentuknya yang unik, Tongkonan menjadi sangat menarik bagi para pengunjung. Ciri berikutnya dari desa adalah pepohonan. Pepohonan mengelilingi rumah dengan baik dan teratur. Selanjutnya adalah perwujudan awan. Dari puncak Kampung Lolai, Anda bisa menyaksikan awan putih yang indah dan menikmati angin sepoi-sepoi. Desa ini menjadi lokasi yang tepat untuk bersantai dan juga menjadi lokasi romantis bagi pasangan Anda.

Aktivitas

Kampung Lolai yang terletak di dataran tinggi. Tak heran, fitur pemandangannya menakjubkan. Rasanya seperti Anda menghabiskan waktu di pemukiman langit. Banyak objek indah terlihat jelas dari sana. Ini termasuk awan, sinar matahari, pohon, Tongkonan, dll. Semuanya menciptakan nuansa yang nyaman, terutama bagi wisatawan. Di Lolai, penduduk setempat menyebut rumah adat mereka Tongkonan Lempe. Di terasnya, Anda bisa duduk dan rileks sambil menikmati pemandangan yang indah. Selain itu, Anda bisa berbicara dengan pemilik layaknya seorang teman atau keluarga.

Banyak turis terus datang ke Kampung Lolai. Karena alasan ini, penduduk setempat telah memutuskan untuk memberikan akomodasi kepada pengunjung. Mereka membuat rumah mereka sebagai homestay. Biaya sewa akomodasi tersebut juga bisa dinegosiasikan. Dengan demikian, Anda harus bisa berbicara dengan sempurna kepada pemiliknya. Itu berarti kemampuan komunikasi yang baik akan membantu Anda mendapatkan harga yang lebih baik. Juga, Anda harus memilih Tongkonan terbaik.

Sebagai alternatif, Anda bisa membangun tenda di dekatnya. Pengunjung diperbolehkan berkemah di lokasi ini. Masalahnya adalah suhu yang cukup dingin di malam hari. Bisakah Anda bertahan? Lolai memang desa tradisional. Namun,Desa inisudah memiliki fasilitas listrik. Karena alasan ini, wisatawan dapat mengisi ulang gadget mereka dengan mudah. Aktivitas lain yang harus dilakukan di Desa Lolai adalah menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam. Keduanya memang menakjubkan.

Untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah ini, Di Kampung Lolai sudah dibangun VIP room dan outbond sehingga rombongan wisatawan yang datang ke sini tidak hanya bisa menikmati sunrise tapi juga suasana lokal.

Menuju Lokasi

Tujuan utama Anda adalah Provinsi Sulawesi Selatan. Perjalanan lebih baik naik pesawat terbang. Dalam hal ini, Anda perlu mencapai Bandara Sultan Hasanuddin terlebih dahulu di Kota Makassar dan dilanjutkan naik pesawat dengan maskapai Trans Nusa ke Bandara Potingku di Kabupaten Tana Toraja. Dari Bandara Potingku dilanjutkan naik taksi atau sewa mobil menuju Lolai dengan waktu tempuh selama 1 jam 20 menit.

Apabila menggunakan transportasi darat dari Makassar, Perjalanan menuju Lolai di Tana Toraja akan memakan waktu  sekitar 9 jam. Meski perjalanan melelahkan,tapi ini adalah pengalaman yang layak.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sulawesi Selatanmore »

Event di Sulawesi Selatan more »

Toraja Marathon 2017 : Berlari Di Atas Awan

Toraja Marathon 2017 : Berlari Di Atas Awan

( Jul 28, 2017, 08 am / Jul 28, 2017, 05 pm )