Cari Tempat Wisata


Pantai Balad di Kabupaten Sumbawa Barat : Dekat dengan Pusat Kota

Pantai Balad di Kabupaten Sumbawa Barat : Dekat dengan Pusat Kota
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Balad, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat
Views : 211

Untuk liburan, kebanyakan orang mungkin memilih pantai sebagai tujuan mereka. Mereka ingin menikmati beberapa aktivitas seperti olahraga air, berjalan-jalan di pantai, fotografi, dan relaksasi. Pertanyaannya adalah tempat yang harus mereka kunjungi. Jangan khawatir. Pasalnya, Kabupaten Sumbawa menawarkan banyak pilihan salah satunya Pantai Balad. Itu berada di Desa Telaga Bertong dan termasuk dalam Kecamatan Taliwang. Hal baiknya adalah wisatawan dapat dengan mudah menemukan pantai tersebut, karena pantai ini cukup populer di kalangan penduduk setempat. Wisatawan hanya perlu bertanya kepada warga desa mengenai lokasinya nanti.

Dari segi popularitas, Pantai Balad mirip dengan Pantai Poto Batu. Satu hal yang membedakannya adalah lokasinya yang dekat dengan pusat kota. Aksesibilitas adalah satu hal. Namun pantai juga menawarkan daya pikat lainnya. Misalnya, wisatawan bisa menemukan beberapa tempat makan seafood di kawasan itu. Selanjutnya, pada garis pantai terdapat banyak bebatuan yang menjadi pembatas alam. Tak heran, ombak menjadi semakin lemah begitu sampai di bibir pantai. Apa yang lebih? Di garis pantai, wisatawan juga dapat melihat beberapa perahu nelayan setempat.

Aktivitas

Hal pertama yang direkomendasikan untuk dilakukan di Pantai Balad adalah fotografi. Pasalnya, pantai ini menawarkan banyak objek menarik untuk ditangkap, termasuk pemandangan laut dan perahu nelayan setempat yang terparkir. Garis pantainya tidak terlalu panjang, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menjelajahi pantai dan mengumpulkan foto-foto tersebut. Bagi mereka yang tidak membawa kamera, mereka bisa melakukan jalan-jalan di pantai. Sebenarnya, pantai ini memiliki dua lanskap garis pantai yang berbeda. Yang pertama adalah garis pantai yang bertekstur lembut, sedangkan yang lain menampilkan banyak batu.

Ini tipnya. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Balad adalah saat akhir pekan. Itu karena nuansanya semakin meriah saat itu. Faktanya pantai menjadi tempat favorit untuk bermain sepak bola pantai. Wisatawan bahkan bisa mengikuti kegiatan menyenangkan ini asalkan mendapat izin dari warga sekitar. Sebagai alternatif, mereka harus membawa bola dan bermain dengan teman atau keluarga. Satu-satunya pertimbangan terkait dengan waktu. Disarankan untuk melakukan sepak bola pantai hanya pada saat air surut, untuk kenyamanan terbaik.

Daya pikat berikutnya di Pantai Balad adalah keberadaan rimbunnya pohon bakau dan pepohonan yang berada di punggung bibir pantai. Bentang alam yang eksotis dan nyaman ini membantu pengunjung untuk bersantai dan menghilangkan stres selama eksplorasi. Untuk suasana terbaik, mereka harus mengunjungi pantai di pagi hari saat udaranya paling segar!

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Destinasi pertama adalah Kabupaten Sumbawa. Namun, untuk sampai ke sana lebih cepat, wisatawan harus naik pesawat. Dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta) misalnya, penerbangan bisa memakan waktu sekitar 4 jam atau lebih untuk mencapai Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Begitu sampai di Kota Sumbawa Besar, tujuan mereka selanjutnya tidak lain adalah Pantai Balad. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam 33 menit, karena jaraknya 120 km. Wisatawan bisa sampai di sana lebih cepat jika melalui Jalan Lintas Sumbawa.

or cancel