Cari Tempat Wisata


Pantai Pasir Timbul Waisai: Pantai Paling Unik dan Paling Populer di Raja Ampat

Pantai Pasir Timbul Waisai: Pantai Paling Unik dan Paling Populer di Raja Ampat
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Papua Barat
Alamat : Pantai Pasir Timbul, Waisai, Pulau Waigeo, Raja Ampat, Provinsi Papua Parat
Views : 64

Kebanyakan orang mengenal Raja Ampat sebagai kepulauan yang indah dengan kekayaan laut yang melimpah dan masih terjaga serta pemandangan bukit-bukit yang unik. Mereka juga kebanyakan memikirkan Pulau Wayag yang merupakan tempat wisata paling populer di sana. Namun, tersedia lebih banyak pilihan, termasuk Pantai Pasir Timbul! Lokasi ini dekat dengan Kota Waisai dan masih bagian Pulau Waigeo. Seperti namanya, Pantai Pasir Timbul adalah pulau kecil yang terdiri dari pasir terutama dan hanya muncul saat air surut. Dengan demikian, traveller harus datang pada waktu yang tepat untuk sampai ke pulau ini.

Pemandangan Alam

Seperti disebutkan sebelumnya, pulau ini berukuran kecil dan terdiri dari pasir terutama. Warna pasirnya putih dan tidak ada pohon tumbuh di atasnya. Itu berarti traveller hanya bisa melihat pasir polos dan air laut biru.  Airnya dangkal sehingga orang bisa berenang di dalamnya dengan nyaman. Bahkan kapal bisa mendekati pulau tanpa kerepotan! Karena keunikannya, wisatawan tertarik, sehingga mereka pasti akan mengunjunginya saat menghabiskan liburan di Pulau Waigeo. Pada saat air pasang, pulau ini lenyap.

Menjelajahi Pantai Pasir Timbul

Daya tarik utama Pulau Pasir Timbul memang adalah pantai, dimana wisatawan bisa menikmati berenang dan snorkeling. Air dangkal dan tenang memungkinkan anak bermain di air. Itu berarti pantai aman baik untuk orang dewasa maupun anak-anak terhadap apapun jenis kegiatan wisata yang akan mereka lakukan. Dekat ke pantai, beberapa ikan kecil berenang dengan indah dan lucu. Beberapa karang kecil juga terlihat disana. Wisatawan hanya bisa menikmati atraksi di perairan karena tidak ada hewan yang tinggal di daratan Pulau Pasir Timbul.

Dengan ukuran sekitar 100-150 m2, pulau ini hanya memiliki pasir putih dan pantai yang menakjubkan. Tidak ada tumbuhan atau binatang yang terlihat di sana. Satu-satunya hiasan adalah kerang kecil yang berserakan di dekat pantai. Pemandangan utamanya adalah gerakan ombak dan pantulan sinar matahari di atas air. Semuanya memukau! Ini menjelaskan mengapa pengunjung juga datang ke pantai untuk fotografi. Suasana yang tenang juga menjadi  daya tarik di Pantai Pasir Timbul yang cocok untuk relaksasi.

Bagi perenang, mereka memiliki area yang luas dan aman untuk dijelajahi dengan ombak yang tenang dan hangat. Bahkan anak-anak pun bisa menikmatinya, sehingga orang tua bisa menjadikan pantai sebagai tempat tujuan tamasya keluarga. Kombinasi warna langit oranye dan biru bisa dilihat saat senja, merupakan pemandangan yang ajaib. Itu berarti pantai ini juga cocok untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam di sana, tergantung pada waktu mereka mengunjungi pantai.

Tempat Wisata Lain Terdekat

  • Pantai Waisai
  • Pulau Mansuar
  • Pantai Yefpian
  • Pulau Kawe

Menuju Lokasi

Sangat mudah untuk mencapai Pantai Pasir Timbul, terutama bagi mereka yang tinggal di Provinsi Papua Barat. Bagaimana dengan orang luar? Bagi yang datang dari provinsi lain, pesawat terbang menjadi pilihan layanan transportasi terbaik dan tujuannya adalah Kota Waisai. Ada bandara, yang disebut Marinda. Begitu sampai di bandara, mereka dapat melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya, yaitu Pelabuhan Waisai. Dari situ, naik speedboat ke Pulau Pasir Timbul, dimana pantai berada. Dibutuhkan sekitar 30 menit. Seperti disebutkan sebelumnya, pulau ini hanya terlihat saat air surut!

Alternatif lain adalah dengan naik kapal dari Sorong ke Kota Waisai. Dari Waisai naik speedboat ke Pulau Pasir Timbul.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Papua Baratmore »

Event di Papua Barat more »

Festival Adventure Indonesia 2014

Festival Adventure Indonesia 2014

( Sep 23, 2014, 08 : 00 am / Sep 28, 2014, 10 : 00 pm )

Festival Danau Toba 2014

Festival Danau Toba 2014

( Sep 15, 2014, 08 : 00 am / Sep 20, 2014, 10 : 00 pm )