Cari Tempat Wisata


Pulau Um : Pulau Perawan dengan Lingkungan yang Unik dan Santai di Sorong

Pulau Um : Pulau Perawan dengan Lingkungan yang Unik dan Santai di Sorong
Kategori : Wisata Bahari / Pasir Putih
Lokasi Indonesia / Papua Barat
Alamat : Pulau Um, Sorong, Papua Barat
Views : 255

Pulau Um berada tepat di seberang desa Malaumkarta di Makbon, tidak jauh dari Kota Sorong di Papua Barat. Makbon adalah laguna pedalaman, terletak di sebelah utara Semenanjung Kepala Burung. Pulau Um dikenal sebagai habitat kelelawar dan burung camar. Kelelawar di pulau ini mencari makanan di siang hari, sementara burung camar terbang keluar pada malam hari. Justru kebalikan dari apa yang kita kenal pada umumnya.

Pulau Um adalah liburan yang unik jika Anda tinggal selama beberapa hari di Sorong, pintu gerbang ke Raja Ampat. Kota Sorong dulunya merupakan kota yang ramai bagi perusahaan minyak, namun sebagian besar telah meninggalkan sejak pasokan minyak di sini telah habis. Karena itu, kota ini lebih kosmopolitan dibanding kota-kota lain di Papua.

Berada di Pulau Um merupakan paling santai jika Anda memiliki seluruh hari untuk berbaur ke lingkungan yang penuh dengan makhluk hidup, di atas dan di bawah laut yang berkilau. Dalam beberapa jam Anda akan menemukan teman baru di antara suku Moi, temukan sensasi baru pada saat berenang di dekat seekor sapi laut (atau dugong), menyelam di bawah air dengan rongsokan sisa-sisa Perang Dunia II, atau menangkap lobster dengan penuh gembira.

Lingkungan Sekitar

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk berjalan di sepanjang pantai yang mengelilingi pulau ini, di mana Anda akan menemukan bahwa Anda mungkin satu-satunya orang atau pasangan di sana. Jika sandal terlalu sering dipakai,  Anda dapat melepasnya dan merasakan pasir murni di antara jari-jari kaki Anda.

Saat Anda mampir di Desa Malaumkarta, Anda menyadari bahwa Anda akan melewatkan banyak aspek menarik jika Anda memilih berkeliling dengan kendaraan sepeda motor. Mintalah berkeliling dan duduklah dengan penduduk asli yang hangat, mereka menjadikan teman-teman yang sangat baik untuk berbagi senyuman dan tawa Anda di bawah pohon kelapa yang teduh.

Penginapan

Swiss-Belhotel Sorong
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Malawei, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Bar. 98412, indonesia
Telepon: +62 951 321199

Waigo Hotel
Alamat: Jalan Yos. Sudarso, Pantai Lido, Kp. Baru, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Bar. 98411, indonesia
Telepon: +62 951 331991

Je Meridien Hotel
Alamat: Jl. Jend Basuki Rachmad Km. 7.5, Malaingkedi, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Bar. 98412, indonesia
Telepon: +62 951 327726

Royal Mamberamo Hotel
Alamat: Jl. Dr. Sam Ratulangi No.35, Kp. Baru, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Bar. 98411, indonesia
Telepon: +62 951 325666

Belagri Hotel
Alamat: Jl. Gn. Merapi Sorong Papua Barat, Klabala, Bar Sorong, Kota Sorong, Papua Bar. 98411, indonesia
Telepon: +62 951 353888

Mencapai Lokasi

Untuk sampai ke Pulau Um, sebaiknya mulai dari Sorong. Anda mungkin ingin belajar tentang kota Sorong. Dari Sorong, Anda punya beberapa alternatif. Angkot atau orang lokal menyebut bemo atau taksi mudah didapat  untuk berwisata ke Pulau Um. Jarak ke Desa Malaumkarta di Makbon sekitar 40 km, menempuh jarak antara 2-3 jam perjalanan. Pastikan Anda memesan angkot untuk perjalanan pulang Anda ke Sorong jika Anda tidak berencana untuk menginap.

Dari Makbon, perjalanan dilanjutkan menyewa perahu panjang seharga Rp 300.000 untuk menyeberang laut menuju ke pulau  Um. Dari perahu, Anda bisa melihat Pulau Um ditutupi pepohonan yang indah. Ini adalah pulau kecil, yang bisa Anda lewati dalam waktu hanya 15 menit. Meski kecil, namun kaya akan jumlah spesies yang tinggal di sini dengan damai. Mintalah pemilik kapal panjang untuk menunggu jika Anda ingin kembali pada hari yang sama. Harap dicatat bahwa harga dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Papua Baratmore »

Event di Papua Barat more »

Festival Adventure Indonesia 2014

Festival Adventure Indonesia 2014

( Sep 23, 2014, 08 : 00 am / Sep 28, 2014, 10 : 00 pm )

Festival Danau Toba 2014

Festival Danau Toba 2014

( Sep 15, 2014, 08 : 00 am / Sep 20, 2014, 10 : 00 pm )