Cari Tempat Wisata


Pantai Gerupuk Lombok Tengah : Pantai Pasir Putih yang Lembut dan Favorit Surfing di Lombok

Pantai Gerupuk Lombok Tengah : Pantai Pasir Putih yang Lembut dan Favorit Surfing di Lombok
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Pantai Gerupuk, Desa Gerupuk, Lombok Tengah, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)
Views : 101

Lombok Tengah adalah salah satu daerah terindah di Lombok, daerah ini memiliki banyak pantai yang berada di pesisir pantai. Kemurnian alam, laut, dan pasir putih mutiara membuat pantai ini sebagai harta terbesar di Lombok. Salah satu pantai ikonik di daerah ini adalah Pantai Gerupuk. Pantai Gerupuk yang terletak di pantai selatan Lombok adalah bagian dari Desa Gerupuk Lombok Tengah, pantai ini terletak di sekitar Mandalika juga. Lapisan pasir putih yang lembut dengan sapuan lembut air laut biru yang jernih seperti kristal menciptakan suasana damai dan tenang di pantai ini. Terletak 65 selatan dari Kota Mataram, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pantai ini mudah dijangkau oleh semua orang. Pantai Gerupuk ini juga terletak hanya 9 km dari Pantai Kuta, Lombok. Orang bisa berkendara dengan motor atau mobil dan memakan waktu sekitar dua jam untuk bisa melihat pantai yang indah ini. Jalan menuju kawasan ini dibangun dengan sangat baik dan orang dapat melihat beberapa perkebunan tanaman pangan dan rumah tradisional Sasak yang indah di sepanjang jalan. Pasir putih mutiara dan pemandangannya yang indah membuat Pantai Gerupuk merupakan salah satu tujuan yang semakin populer bagi traveler akhir-akhir ini.

Aktivitas

Bagi Anda yang menyukai surfing, disarankan untuk mengunjungi Pantai Gerupuk. Pantai ini terkenal dengan gelombang yang indah dan memacu adrenalin. Gelombang, meski nampaknya sangat mudah di pandang mata, sebenarnya cukup tinggi dan kuat. Fenomena ini menjadikan Pantai Gerupuk sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di Lombok. Di sisi tenggara pantai ini, Anda bisa menemukan lima tempat selancar yang berbeda yang memuaskan bagi peselancar. Yang membuat lima tempat berselancar ini unik adalah julukan tradisional yang diberikan oleh penduduk desa dan julukan internasional yang diberikan oleh peselancar asing. Adapun Namanya adalah Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left). Gelombang di tempat ini sangat liar dan tingginya bisa mencapai 3 meter, sehingga sangat menantang bagi peselancar untuk mengalahkannya.

Aktivitas populer dan menarik lainnya bagi pengunjung di Pantai Gerupuk berenang, bermain di pasir dan mendaki bukit. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai ini dari sisi lain dengan menaiki bukit-bukit sekitarnya. Beberapa bukit yang lebih tinggi di sekitar pantai menarik minat pengunjung untuk datang dan menantang lintasan. Jalur yang menuju ke puncak cukup kasar, bisa ditempuh dengan berjalan kaki tapi ada juga beberapa penduduk desa yang menyewakan sepeda motor. Pemandangan Pantai Gerupuk terlihat lebih indah lagi jika melihatnya dari puncak bukit. Pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan pesona matahari terbenam dari puncak bukit, dan menikmati pemandangan langit yang indah.

Bila Anda sudah puas dengan pantai, Anda bisa berjalan-jalan di desa-desa terdekat. Sepanjang jalan, Anda bisa menemukan warung lokal yang menyajikan makanan tradisional yang dijalankan oleh penduduk desa ini. Beberapa warga bahkan mengubah rumah mereka menjadi homestay bagi wisatawan. Setelah berjalan lebih lama, Anda bisa menemukan beberapa tenda berwarna-warni. Anda bisa melihat beberapa wanita dari desa membersihkan dan menyortir rumput lautnya. Biji rumput laut ini dikemas dengan tas besar. Tas besar ini akan dikirim ke Bali dan Jawa. Sebagian besar penduduk desa bekerja sebagai nelayan, petani rumput laut, dan petani ikan. Beberapa dari mereka juga membuka toko yang menyewa peralatan selancar, snorkel, dan kapal. Di desa ini juga terdapat Pusat Konservasi Laut dimana Anda bisa belajar lebih banyak tentang makhluk laut dan ekosistemnya.

Menuju Lokasi Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk terletak di bagian timur Pantai Kuta, Lombok. Untuk jarak sekitar 8 km dan 4 km dari Pantai Kuta dan Tanjung Aan, perjalanan relatif mudah mengikuti rute untuk menemukan pantai yang indah ini. Umumnya, traveller yang datang ke pantai ini menggunakan dua mode transportasi yaitu mobil dan sepeda motor. Anda bisa menyewa mobil dari Mataram atau menyewa sepeda motor dari Pantai Kuta. Namun, jika ingin menggunakan kendaraan umum dari Mataram, Anda bisa menggunakan 'angkot' yang rutenya berikut ini: Mataram - Bertais - Praya - Sengkol. Dari Sengkol, naik angkot lagi ke Kuta dan Anda bisa melanjutkan dengan sepeda motor sewaan.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Nusa Tenggara Baratmore »