Cari Tempat Wisata


Pantai Sawarna, Pantai yang Sungguh Menawan di Pantai Selatan Pulau Jawa

Pantai Sawarna, Pantai yang Sungguh Menawan di Pantai Selatan Pulau Jawa
Kategori : Wisata Bahari / Surfing
Lokasi Indonesia / Banten
Alamat : Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, provinsi Banten
Views : 680

Desa Wisata Sawarna adalah titik masuk ke keajaiban alam ini. Saat Anda memasuki desa, Anda akan disambut oleh deretan sawah yang hijau dan subur, suasana desa yang tenang dan angin yang menyegarkan. Pantai Sawarna berlokasi di Gendol, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, di provinsi Banten, tetangga Jakarta di bagian barat ibukota. Pantai Sawarna menawarkan sejumlah keajaiban alam seperti sungai yang mengalir deras, hutan lebat, bukit-bukit berbatu, gua-gua, dan banyak lagi. Pemandangan yang indah juga diselimuti mitos "Nyi Roro Kidul", mitos Ratu Pantai Laut Selatan, selain menjadi penuh dengan sejarah eksploitasi batubara di daerah terdekat dari Bayah dan Lebak.

Menghadap Samudera Hindia yang luas dan terbuka, Pantai Sawarna menampilkan air biru yang jernih dan membentang pantai berpasir putih, dinaungi oleh barisan pohon tempat berteduh yang indah, Pantai Sawarna tanpa diragukan lagi meupakan salah satu pantai yang paling indah di Provinsi Banten. Keindahan Pantai Sawarna benar-benar menawan. Mereka yang menikmati berselancar juga akan menemukan ombak di Sawarna cukup menantang. Gulungan ombak yang telah berhasil menarik peselancar dari seluruh dunia termasuk dari Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Korea.

Di bawah permukaan, keindahan bawah laut Pantai Sawarna juga membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk snorkeling. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai terumbu karang berwarna-warni dan berbagai jenis ikan tropis. Beberapa tempat terbaik untuk snorkeling di aantaranya adalah Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Bokor, Pantai Karang Seupang, Pantai Karang Traraje, dan Teluk Legon Pari. Selain pantai yang menakjubkan, Sawarna juga menawarkan kesempatan petualangan yang menarik di beberapa gua yang spektakuler, seperti Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Gua Pasir Tangkil.

Tips

Mengunjungi Pantai Sawarna sebaiknya anda meluangkan waktu anda lebih dari 1 hari. Karena mengunjungi semua objek wisata sekitar Pantai Sawarna tidak cukup 1 hari.

Sebaiknya Anda membawa peralatan sendiri karena di sini tidak banyak yang menyewakan peralatan.

Apabila Anda ingin membawa kendaraan sendiri, sebaiknya anda membawa kendaraan yang dapat melalui medan yang sulit (double gardan). Selau periksa BBM Kendaraan dan bawalah uang tunai secukupnya, karena di sekitar Pantai Sawarna lokasi SPBU dan ATM cukup jauh.

Akomodasi

Terdapat beberapa homestay di sekitar Pantai Sawarna. Ada beberapa homestay yang bisa Anda coba, di antaranya:

  1. Family Homestay
  2. ABC Homestay
  3. Cariang Resort
  4. Aditya Homestay
  5. Aldista Homestay

Mencapai Lokasi

Untuk mencapai Pantai Sawarna, Anda dapat mengambil rute dari Serang ke Pandeglang-Malimping-Bayah-Sawarna, atau alternatif Rangkasbitung-Cileles-Gunung Kencana-Malimping-Bayah-Sawarna. Dari ibu kota Jakarta, Anda dapat mengambil jalan tol dari Tomang ke Serang. Dari Serang, Anda dapat menuju ke Saketi, di Pandeglang.

Alternatif lain adalah dengan mengambil bus umum dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Dari Pelabuhan Ratu, ada bus mini yang dapat membawa Anda langsung ke Sawarna dengan biaya sekitar Rp 35.000. minibus ini mengikuti rute Pelabuhan Ratu-Cikuray-Cibeber-Bayah.

Dari kota Bogor, Anda juga bisa mencapai Sawarna melalui Cilograng ke Pelabuhan Ratu yang kira-kira sekitar 145 km. Ini adalah rute yang digunakan oleh bus umum dari Bogor. Dari Pelabuhan Ratu Anda dapat mengambil bus lain tujuan Terminal Bayah. Dari Bayah ada jeep yang dapat membawa Anda ke Sawarna melalui sedikit jalan yang relatif kasar. Ingat bahwa jeep ini hanya beroperasi sampai jam 17:00, sehingga Anda perlu berada di sana terlebih dahulu.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Bantenmore »

Event di Banten more »