Cari Tempat Wisata


Taman Bukit Bougenville : Menikmati Keindahan Bunga Bougenville di Singkawang

Taman Bukit Bougenville : Menikmati Keindahan Bunga Bougenville di Singkawang
Kategori : Wisata Gaya Hidup / Taman dan Permaian
Lokasi Indonesia / Kalimantan Barat
Alamat : Taman Bukit Bougenville, SIngkawang, Kalimantan Barat
Views : 202

Berdasarkan namanya yaitu Taman Bukit Bougenville, koleksi terlengkap di taman ini didominasi oleh bunga Bougenville (Bougenvillea spectabilis) yang berwarna-warni. Bougenville, atau biasa disebut dengan nama bunga kertas. Tak tanggung-tanggung, berbagai jenis tanaman Bougenville berasal dari dalam dan luar negeri. Ada sekitar 46 spesies bunga Bougenville yang dihitung di kebun ini. Selain menawarkan keindahan bunga, taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas wisata seperti taman bermain, kantin, dan tempat istirahat. Sangat cocok jika Anda mengajak liburan keluarga Anda ke taman bunga untuk bersantai dan menghilangkan rasa lelah.

Meski didominasi Bougenville, pengunjung yang berkunjung ke Taman Bukit Bougenville masih bisa melihat berbagai macam bunga lainnya seperti aglonema, antorium dan berbagai jenis anggrek. Tak hanya bunganya, 1,5 hektare taman ini juga memiliki koleksi tanaman buah-buahan, seperti belimbing madu, alpukat, rambutan dan durian. Tanaman buah merupakan jenis buah yang sering dijual oleh pedagang di Singkawang.

Salah satu tempat yang paling diminati oleh wisatawan saat mengunjungi Taman Bukit Bougenville adalah hutan homogen. Daerah ini disebut Kawasan Super Sejuk karena di daerah ini diisi dengan pohon gaharu. Maka tak heran jika hutan homogen ini dijuluki Kawasan Super Sejuk. Di lokasi ini, disamping bisa menikmati udara super sejuk, para wisatawan juga bisa memanfaatkan keindahan hutan homogen ini sebagai tempat penyemaian atau berfoto bersama teman dan keluarga.

Bagi Anda yang mencintai tanaman bunga atau hanya mengumpulkan bunga, bibit bunga bisa dibeli langsung sebagaimana disediakan di taman rumah kaca. Harga bibit bunga bervariasi tergantung jenis bunga yang ingin Anda beli. Taman Bukit Bougenville buka setiap hari, mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam dengan tiket Rp 10.000, Anda bisa menikmati keindahan taman bunga dengan udara yang sangat sejuk.

Penginapan

Singkawang memiliki beberapa hotel, sebagian besar dalam kategori non-bintang, daftar singkat yang diberikan di bawah ini:

Hotel Mahkota (***)
Jl. Diponegoro No 1
Telepon: (0562) 631244, 631308 Fax: (0562) 631491
Email: hmskalbar@plasa.com atau hmskalbar@telkom.net
Fasilitas: coffee shop, diskotik, kolam renang, ruang pertemuan, lapangan tenis.

Hotel Paseban (melati)
Jl. Ismail Tahir No 41
Telepon: (0562) 631449, 636758 Fax: (0562) 632021

Hotel Prapatan (melati)
Jl. Sejahtera No 1
Telepon: (0562) 636888, 631067 Fax: (0562) 632664
Fasilitas: Restoran, kopi kedai, kontinental

Hotel Khatulistiwa I (melati)
Jl. Selamat Karman No. 17
Telepon: (0562) 631697

Mencapai Lokasi Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville terletak di Desa Sijangkung, 6 km atau 15 menit dari Singkawang. Berada di kaki bukit Gunung Pasi dengan latar belakang dan dikelilingi oleh hutan dan perkebunan yang semakin membuat kawasan ini sangat indah dan sejuk. Pilihlah penerbangan tujuan ke Supadio, Pontianak. Dari bandara, bisa menyewa kendaraan darat menuju Singkawang yang memakan waktu sekitar 3 jam. Setibanya di Singkawang, lanjutkan perjalanan ke selatan sejauh kira-kira 6 km ke Desa Sijangkung dimana Taman Bukit Bougenville dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Taman Bukit Bougenville buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Kalimantan Baratmore »