Cari Tempat Wisata


Candi Singosari : Sisa-sisa Serajaan Singosari yang Kuat di Jawa Timur

Candi Singosari : Sisa-sisa Serajaan Singosari yang Kuat di Jawa Timur
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Candi (Kuil)
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Candi Singosari, Jl. Kertanegara No.148, Candirenggo, Singosari, Malang, Jawa Timur
Views : 44

Tidak banyak sisa-sisa kerajaan Singosari Jawa Timur di abad ke 13 yang sangat kuat. Sebuah candi yang belum selesai dan dua patung raksasa yang pernah berjaga di depan istana adalah satu-satunya jejak yang tersisa dari kerajaan besar ini.

Kerajaan Singosari didirikan pada tahun 1222 oleh seorang bernama Ken Arok, yang berhasil menikahi putri cantik Ken Dedes dari Janggala setelah membunuh suaminya. Ken Arok kemudian menyerang Kediri yang bertetangga dan dengan demikian menggabungkan dua kerajaan yang terbelah oleh Raja Airlangga pada tahun 1049 sebagai warisan bagi kedua putranya.

Singosari berhasil mengembangkan daerah pedalaman pertanian kaya di sepanjang wilayah sungai Brantas, serta perdagangan maritim yang menguntungkan di sepanjang Laut Jawa. Pada tahun 1275 dan 1291 raja Kartanegara menyerang kerajaan maritim Sriwijaya di Sumatera Selatan dan mendapatkan kontrol atas perdagangan maritim di laut Jawa dan Sumatera. Namun, dia dibunuh oleh salah seorang pengikutnya, Jayakatwang pada tahun 1293.

Di masa jayanya Singosari begitu kuat sehingga kaisar Mongol Kubilai Khan menganggap penting untuk mengirim armada dan utusan khusus ke istana Singosari untuk meminta Raja Kertanegara secara pribadi menyerahkan kesetiaan kepada kaisar. Sebagai jawaban, Kertanegara memotong salah satu telinga pembawa pesan sebagai pesan kepada Kublai khan bahwa dia tidak akan melakukan hal seperti itu.

Ketika armada Mongol yang dikirim oleh Kubilai Khan yang berang tiba di Jawa, tanpa diketahui bahwa  Kartanegara sudah meninggal. Menantu Kertanegara, Pangeran Vijaya, pada awalnya berhasil membujuk mereka untuk membunuh Jayakatwang, namun kemudian berbalik untuk mengusir armada Mongol dari Pulau Jawa.

Selanjutnya Vijaya mendirikan kerajaan Majapahit yang kuat pada tahun 1294 yang keratonnya terletak di sebelah utara Singosari di Porong. Pengaruh Majapahit mencakup Indonesia saat ini dan bahkan menyebar ke Malaysia dan Thailand.

Sebagian besar dari apa yang kita ketahui sekarang tentang Singosari berasal dari teks Jawa Kuno abad 14 yang disebut Pararaton (atau kitab Raja-Raja).

Menuju Lokasi

Terletak di sebelah selatan kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur, Singosari bisa ditempuh dengan mobil atau taksi dari Surabaya atau Tretes. Taksi dan mobil bisa dengan mudah didapat di kota.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Jawa Timurmore »

Event di Jawa Timur more »

JEMBER FASHION CARNAVAL 2017 yang Spektakuler

JEMBER FASHION CARNAVAL 2017 yang Spektakuler

( Aug 8, 2017, 08 : 00 / Aug 12, 2017, 17 : 00 )