Cari Tempat Wisata


Kota Makale Tana Toraja : Kota Kecil yang Indah dan Damai di Provinsi Sulawesi Selatan

Kota Makale Tana Toraja : Kota Kecil yang Indah dan Damai di Provinsi Sulawesi Selatan
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Sulawesi Selatan
Alamat : Kota Makale, Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan
Views : 47

Liburan di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan pilihan yang tepat. Salah satu lokasi terbaik untuk dikunjungi adalah Kota Makale. Kota kecil dan terpencil yang dikelilingi oleh pegunungan dan daya tarik alam yang indah. Dengan demikian, ini menjadi tempat yang bagus untuk menemukan kedamaian dan mengobati stres karena rutinitas setiap hari. Dari segi ukuran, Makale tidak cukup besar. Memiliki akses mudah ke gunung dan wisata alam terdekat. Karena alasan ini, banyak wisatawan bisa lebih dekat dengan alam dengan keluarga atau teman mereka.

Fitur utama dari Kota Makale adalah formasi pegunungan yang tampak  indah dan damai. Di dekat pemukiman, beberapa pohon tumbuh melimpah. Ketika dilihat dari bangunannya, mereka menerapkan bentuk rumah yang tersusun rapi. Selain itu, juga tersedia banyak fasilitas termasuk masjid, pasar, tempat rekreasi, penginapan dan lain-lain. Fitur penting lainnya dari Kota Makale adalah patung tentara yang  membawa lembing. Patung ini terletak di tengah kolam renang setempat. Kolam itu sendiri merupakan ikon kota.

Hal pertama yang harus dilakukan di Kota Makale adalah mengunjungi kolam. Airnya tenang dan memberikan suasana nyaman. Biasanya, pengunjung menghabiskan beberapa jam duduk dan bersantai di dekat kolam ini. Seperti disebutkan sebelumnya, ada patung unik di tengah kolam. Menurut penduduk setempat, patung tersebut merupakan pengembara yang hebat. Dia menjelajahi berbagai lokasi termasuk Kerajaan Gowa. Kemudian, dia menikahi Ratu Gowa. Nama pengantin wanita itu adalah Tumanurung Bainea. Senjata terkenalnya pasti tombak, yang dibawa oleh patung tersebut. Bagi wisatawan, patung tersebut bisa menjadi objek fotografi yang menakjubkan.

Selanjutnya, ada Bukit Sion. Bukit ini juga tempat wisata yang layak untuk dijelajahi. Lokasi ini adalah sebuah gereja indah dan agung yang disebut Sion. Tak heran, nama bukit berasal darinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kota Makale adalah saat festival dan liburan lokal. Misalnya, di Tahun Baru. Penduduk setempat bisa berkumpul di satu tempat dan melakukan festival tradisional. Karena itu, wisatawan bisa mengikuti acara ini dan menghabiskan waktu bersama masyarakat Makale yang ramah.

Hal lain yang harus dilakukan di Kota Makale adalah menjelajahi pasar tradisional. Lokasinya berada di tengah kota. Pasar ini dianggap sebagai pasar yang ramai, sehingga Anda bisa mengharapkan banyak pengunjung setiap hari. Masalahnya sebagian besar orang di Makale bekerja di pasar ini. Banyak barang tersedia seperti tanaman pangan, makanan lokal, pakaian, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata Lain di Sekitar

Menuju Lokasi

Pertanyaannya adalah bagaimana wisatawan bisa mencapai Kota Makale. Sebagian besar pengunjung berasal dari Kota Makassar. Jaraknya 305 km, jadi butuh waktu sekitar 7 jam. Rute terbaiknya pasti Jalan Poros Barru - Makassar. Jika menggunakan kendaraan yang bagus, perjalanan bisa lebih cepat dan nyaman. Bagi Anda yang datang dari provinsi lain, lebih baik naik pesawat terbang dan mengunjungi Kota Makassar terlebih dahulu. Dari sana, Anda dapat naik pesawat langsung dengan maskapai Trans Nusa menuju Toraja di Bandara Pongtiku, kemudian dilanjutkan ke Kota Makale menggunakan bus, taksi atau jasa transportasi lokal lainnya.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sulawesi Selatanmore »

Event di Sulawesi Selatan more »

Toraja Marathon 2017 : Berlari Di Atas Awan

Toraja Marathon 2017 : Berlari Di Atas Awan

( Jul 28, 2017, 08 am / Jul 28, 2017, 05 pm )