Cari Tempat Wisata


Kota Parapat : Kota Tujuan Wisata Paling Favorit di Sumatera Utara

Kota Parapat : Kota Tujuan Wisata Paling Favorit di Sumatera Utara
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Parapat, Provinsi Sumatera Utara
Views : 55

Telah diketahui banyak orang bahwa Danau Toba menjadi tempat wisata paling populer di Provinsi Sumatera Utara. Namun, banyak tempat wisata lainnya berada di wilayah tersebut dan salah satunya disebut Kota Parapat. Terletak di bagian selatan Kota Medan, Ibukota Provinsi Sumatera Utara, menawarkan pemandangan alam yang indah dan tradisi lokal yang menarik. Parapat merupakan bagian dari Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun dan dihuni oleh 4 Suku Batak Toba, Pakpak, Karo dan Simalungun. Selain itu terdapat penduduk yang merupakan pendatang dari berbagai etnis/suku seperti Sunda, China, Padang, dan Jawa. Kondisi ini menjelaskan mengapa Parapat memiliki banyak budaya dan tradisi. Tak heran, wisatawan menjadi lebih tertarik untuk menjelajahi seluruh wilayah Kota Parapat.

Dari segi nuansa, kota ini memancarkan suasana damai dan tenang karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba dan banyak jenis pohon tumbuh dengan baik di sana. Karena kekayaan budaya, kota ini memiliki berbagai jenis arsitektur termasuk gereja, vihara, dan masjid. Belum lagi rumah tradisional Batak yang tersebar di seantero kota. Meski ukurannya kecil, Parapat layak dieksplorasi. Belum lagi banyak jenis fasilitas yang tersedia disana, termasuk restoran dan hotel. Wisatawan juga dapat menemukan layanan pemandu wisata lokal dengan mudah, sehingga mereka tidak akan tersesat saat menjelajahi kota.

Banyak tempat indah tersedia di Kota Parapat. Misalnya, ada Tanjung Sipora-pora, yang berada di bagian barat kota. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus melewati rute yang menantang. Jangan khawatir Ini sangat bermanfaat. Situs ini terkenal dengan arsitektur megahnya! Banyak bangunan kolonial bergaya pedesaan yang bertebaran di lokasi. Inilah kenang-kenangan dari penjajahan Belanda sebenarnya. Masalahnya adalah beberapa tidak dalam kondisi baik. Ada juga bangunan bersejarah, dimana presiden pertama Indonesia diasingkan oleh Belanda.

Di bagian timur Kota Parapat, wisatawan bisa melihat bangunan unik yang menerapkan kombinasi desain modern, tradisional, dan tropis. Pengunjung bisa menjelajahi semuanya dan mengambil beberapa gambar bangunan itu. Sebagai tambahan, pengunjung dapat mempelajari sedikit sejarah struktur tersebut. Apa berikutnya? terkait dengan kulinernya, kota ini terkenal dengan hidangan khasnya seperti Naniura, Lomok-Lomok, Dali, Lapet, Naniarsik, dan masih banyak lagi! Menu terbaik adalah pasti ikan panggang lokal. Penduduk setempat juga memiliki banyak resep mengenai hidangan ikan. Hal terbaik adalah wisatawan bisa menikmati semuanya tanpa mengeluarkan banyak uang.

Selanjutnya, sekarang saatnya belajar tentang legenda setempat bernama Batu Gantung. Menurut penduduk setempat, pasangan anak muda lari dari rumah mereka karena adanya hubungan terlarang. Mereka dikejar oleh keluarga mereka dan jatuh ke laut. Alih-alih jatuh ke air, tubuh mereka tergantung di tepi bukit. Karena kekuatan mistis, tubuh mereka berubah menjadi batu!

Tempat Wisata Lain Terdekat

Menuju Lokasi

Untuk menuju Kota Parapat dapat dilalui lewat jalur udara dan laut. Apabila menggunakan jalur udara, ada penerbangan langung ke Bandara Silangit dari Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta dan dari Bandara Kualanamu di Medan. Dari Bandara Silangit dilanjutkan perjalanan menggunakan taxi sekitar 1 jam 40 menit menuju Kota Parapat.

Apabila menggunakan jalur darat, perjalanan dari kota Medan ke Parapat memakan waktu sekitar 3-4 jam karena jaraknya 176 km. Anda bisa menggunakan layanan transportasi umum atau mobil pribadi. Begitu sampai di Parapat, Anda bisa menjelajahi kota dengan layanan ojek atau jenis transportasi lainnya.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sumatera Utaramore »