Cari Event


Festival Bahari Kepri (Kepulauan Riau) 2018 : Festival Pariwisata Bahari Paling Meriah di Indonesia

Festival Bahari Kepri (Kepulauan Riau) 2018 : Festival Pariwisata Bahari Paling Meriah di Indonesia
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
Start Date : Sep 15, 2018
End Date : Sep 23, 2018
Views : 3272

Provinsi Kepulauan Riau akan kembali menyelenggarakan Festival Bahari Kepri (Kepulauan Riau) 2018  pada tanggal  15 - 23 September 2018. Acara ini sudah masuk dalam event prioritas nasional sebagaimana tercantum dalam Top 100 Wonderful  Indonesia Events Tahun 2018 dari Kementerian Pariwisata.

Festival Bahari Kepri merupakan serangkaian event-event pariwisata baik bahari, alam hingga budaya, juga permainan tradisional, kreasi dan modern akan ikut menyemarakkan Kepulauan Riau pada event ini. Dengan semangat untuk menjadikan Kepulauan Riau sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia, Festival Bahari Kepri tiap tahunnya juga disejalankan dengan program Sail Nasional untuk memperkenalkan potensi wisata bahari Kepri ke yachters dan boaters luar negeri.

Festival yang akan digelar di beberapa tempat termasuk ibu kota Tanjung Pinang, akan menampilkan Tari Dangkong sebagai tarian.

Selain penduduk lokal, Kepulauan Riau juga akan menyambut yacht dari negara lain seperti Singapura dan Malaysia. Selama menginap, rombongan akan dihibur dengan pertunjukan seni setiap malam di gedung-gedung Daerah dan Gonggong.

Beberapa komunitas, seperti kelompok pendaki gunung Pahang, Dunia Melayu Dunia Islam, komunitas fotografi Kuala Lumpur dan kelompok penggemar band melayu dari Singapura dan Malaysia juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut.

Dalam upaya untuk mempromosikan masakan lokal, provinsi Kepulauan Riau dikatakan bermitra dengan Indonesian Chef Association (ICA) dan Batam Tourism Polytechnic (BTP)) untuk memamerkan berbagai hidangan lokal di seluruh festival.

Sore hari, acara tersebut akan dimeriahkan dengan Festival Sungai Carang yang bertujuan melestarikan budaya Melayu. Ini juga akan menampilkan Festival Gurindam 12, Festival Kuliner, Festival Drum band dan parade perahu yang didekorasi di malam hari.

Selanjutnya, Sorotan lainnya dari festival ini adalah Lomba Perahu Naga Tanjungpinang yang akan diikuti oleh peserta lokal dan asing. Terakhir, Festival Bahari Kepulauan Riau (Kepri) 2018 akan menampilkan Karnaval Kepulauan Riau yang menawarkan parade budaya dan parade kendaraan yang didekorasi.

Selama karnaval, para pengunjung festival dapat menikmati pertunjukan Mendu Natuna, Gobang dari Anambas, Mak Yong dari Batam dan Bintan dan Dangkong Dance dari Lingga dan Karimun.

Kepulauan Riau tercatat di antara tiga destinasi teratas dengan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara tertinggi  sebanyak 20 persen, setelah  Jakarta dengan 30 persen dan Bali dengan 40 persen.

Kementerian Pariwisata juga menamai Provinsi Kepulauan Riau sebagai pintu gerbang untuk wisata bahari.

Hanya lima persen dari luas Kepulauan Riau yang 252.601 kilometer adalah daratan; Sisanya adalah perairan karena dikelilingi oleh Laut Cina Selatan, Selat Malaka dan Selat Karimata.

Sisi utara Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Kamboja, sementara sisi barat dan timur saling berdekatan dengan Malaysia dan Brunei Darussalam, dan juga beberapa wilayah Malaysia. Kepulauan Riau juga dekat dengan Singapura dan Vietnam.

or cancel