Cari Event


Festival Bahari Mandeh 2018 : Mengungkap Pesona Kepulauan Mandeh di Sumatera Barat

Festival Bahari Mandeh 2018 : Mengungkap Pesona Kepulauan Mandeh di Sumatera Barat
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Kepulauan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan
Start Date : Aug 19, 2018
End Date : Aug 21, 2018
Views : 1482

Dijuluki sebagai Raja Ampat Sumatera karena keindahan alamnya yang sama menariknya, gugusan Kepulauan Mandeh di Teluk dekat Padang di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat akan mengungkap kemegahannya yang mempesona saat Festival Pesona Mandeh berlangsung dari tanggal 19 sampai 21 Agustus 2018. Acara tersebut dipandu oleh Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam edisi yang kedua ini, acara ini akan disorot dengan berbagai kegiatan menarik termasuk pesta kuliner, pertunjukan kesenian tradisional, festival musik tradisional rabab, Mandeh Joy Sailing, kompetisi kapal tradisional, aksi menyelam, dan kompetisi fotografi bawah laut. Acara ini juga akan menampilkan usaha untuk memecahkan rekor nasional Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk jumlah orang yang memainkan instrumen musik tradisional rabab. Acara ini juga akan menampilkan paramotor, panjat tebing, dan aksi Jet Ski. Sebuah fitur khusus dari acara tersebut akan menjadi parade tak kurang dari 250 perahu tradisional yang dihiasi berbagai warna dan asesoris di sepanjang teluk Mandeh.

Baca juga: Kawasan Wisata Kepulauan Mandeh : Raja Ampat Dari Sumatera Barat

Deputi Pengembangan Pemasaran Nasional Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti bersama dengan Kepala Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Sumatera Barat, Raseno Arya menjelaskan bahwa semua persiapan termasuk promosi pra-acara telah dilakukan untuk mencapai target menarik 20.000 wisatawan baik domestik maupun internasional.

"Kami optimistis target 20.000 hadir dalam acara peresmian ini akan tercapai, semua persiapan telah dilakukan secara hati-hati termasuk untuk Grand Opening dan juga penutupan puncak, acara ini juga melibatkan partisipasi semua pemangku kepentingan pariwisata di daerah termasuk masyarakat, bisnis pariwisata, masyarakat setempat, dan juga anggota pers, "kata Esthy.

Mengenai aksesibilitas, Raseno Arya menjelaskan bahwa perbaikan dilakukan untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Mandeh dari Padang, ibu kota Provinsi Sumatera Barat, yang saat ini memakan waktu 1 sampai 2 jam. "Pembebasan lahan di Kawasan Mandeh telah selesai dan akan segera diikuti dengan pembangunan jalan. Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan kemudian mengawasi infrastruktur jalan untuk memastikan bahwa jalan dan semua fasilitas dalam kondisi baik. Dengan perkembangan ini, kami memproyeksikan itu dalam waktu dekat, hanya butuh waktu 40 menit untuk sampai ke Mandeh dari Padang, "kata Raseno.

Kepala Dinas Ekonomi Kreatif, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Zefnihan berkomentar bahwa Festival Pesona Bahari Mandeh adalah media promosi yang sempurna untuk menunjukkan bahwa Mandeh siap menerima wisatawan dari seluruh dunia. Apalagi masyarakat lokal di Mandeh juga siap menyambut wisatawan dengan presentasi kuliner berstandar internasional. "Untuk pesta kuliner, kami menyiapkan 50 stand kuliner yang menyajikan masakan khas seluruh dunia yang nikmat di Sumatera Barat," kata Zefinhan. Sebagai media yang sempurna untuk mempromosikan pariwisata Mandeh, acara ini juga akan mengundang 60 agen perjalanan untuk mengeksplorasi kemegahan Mandeh.

or cancel

Event Lainnya di sumatera-barat more »