Cari Event


Jadwal Event

Favorit

Festival Budaya Iraw Tengkayu 2017 : Obyek Wisata Budaya Paling Populer di Kalimantan Utara (Kaltara)

Festival Budaya Iraw Tengkayu 2017 : Obyek Wisata Budaya Paling Populer di Kalimantan Utara (Kaltara)
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara
Start Date : Dec 1, 2017
End Date : Dec 31, 2017
Views : 212

Tarakan merupakan bagian dari provinsi paling muda, Kalimantan Utara. Dulu merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil minyak utama selama masa penjajahan Belanda dan memiliki kepentingan strategis selama Perang Pasifik dan merupakan salah satu sasaran pertama Jepang di awal perang.

Selain terkenal dengan sejarah dan minyaknya, Tarakan juga terkenal dengan budaya lokalnya yang menarik. Pada bulan Desember 2017, Kota Tarakan akan kembali meriah melalui acara Festival Budaya Iraw Tengkayu 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Pemerintah Kota Tarakan. Festival Budaya Irraw Tengkayu telah diselenggarakan oleh pemerintah daerah sejak tahun 2001. Festival ini diadakan dua tahun sekali sebagai bagian dari peringatan Kota Tarakan.

Jaman dahulu, Pulau Tarakan telah dikenal karena komunitas nelayannya  dihuni oleh suku Tidung yang memiliki beragam tradisi budaya; salah satunya adalah Iraw Tengkayu.

Secara harfiah, Iraw Tengkayu berarti pesta kelautan, sebuah tradisi / pesta untuk menunjukkan rasa syukur atas makanan laut yang dipanen sepanjang tahun dan untuk mengharapkan panen yang lebih baik di tahun berikutnya.

Puncak Festival Budaya Irraw Tengkaru ditandai dengan melepaskan Padaw Tuju Dulung (sebuah perahu dengan tujuh haluan) ke laut.

Festival Budaya Irraw Tengkayu telah menjadi daya tarik wisata yang mempesona dan menarik traveller bukan hanya penduduk lokal dan pengunjung domestik tapi juga pengunjung mancanegara yang datang melalui Tawau, Sabah di Malaysia untuk datang dan menyaksikannya secara langsung. Festival Budaya Ireng Tengkayu menerima Anugerah Pesona Indonesia 20016 Award (API 2016) dengan kategori Obyek Wisata Budaya Paling Populer.

Penyelenggara:

Dinas Pariwisata Pemrov. Kalimantan Utara
Jl. Skip, Tj. Selor Hilir, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77216
Cp : 081340100140 (Nana)

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Kalimantan Utaramore »