Cari Event


Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang : Perayaan Cap Go Meh Paling Meriah di Asia Tenggara

Festival Cap Go Meh 2018 di Singkawang : Perayaan Cap Go Meh Paling Meriah di Asia Tenggara
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Singkawang, Kalimantan Barat
Start Date : Mar 3, 2018
End Date : Mar 3, 2018
Views : 5996

Pada hari ke 15 Tahun Baru Imlek, kota Singkawang di Kalimantan Barat akan hidup dengan perayaan yang berkilau sehubungan dengan perayaan Cap Go Meh yang tahun 2018  ini jatuh pada tanggal 3 Maret 2018 .

Cap Go Meh di Singkawang menarik puluhan ribu pengunjung tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari kawasan ASEAN dan China, jadi pesan lebih awal untuk akomodasi Anda.

Cap Go Meh adalah hari istimewa bagi orang Tionghoa di Singkawang dan juga di kota-kota besar lainnya di seluruh kepulauan Indonesia. Cap dalam Bahasa Mandarin secara harfiah berarti sepuluh, Go berarti lima, dan Meh berarti malam, oleh karena itu, malam ke-15 dalam kalender China.

Selama Cap Goh Meh, orang Tionghoa di sini percaya bahwa Singkawang akan menjadi tempat berkumpul para dewa, sedangkan Tahun Baru Imlek adalah saat untuk dengan sungguh-sungguh bersyukur kepada Tuhan dan berdoa untuk tahun yang lebih baik.

Singkawang saat perayaan Cap Go Meh penuh sesak dengan orang-orang ketika kota bergema dengan ketukan drum dan simbal tarian singa, tarian naga, choi lam shin, saat semua orang menantikan sorotan parade spiritual Tatung yang merupakan puncak festival dan rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek.

Ditujukan untuk mengusir kemalangan selama sisa tahun ini, Tatung adalah media utama ritual Cap Go Meh untuk menolak roh jahat. Selama ritual Tatung, partisipannya akan mengalami kesurupan dan melakukan banyak aksi yang tidak dapat dipercaya, seperti menginjak pedang, atau menempelkan kabel baja atau paku ke pipi mereka. Sangat tidak masuk akal untuk melihat bahwa meskipun disiksa, Tatung tidak terluka atau bahkan tidak merasakan sakit.

Dirayakan setiap tahun pada hari ke-15 Tahun Tionghoa, Cap Go Meh secara harfiah diterjemahkan berarti malam ke-15, di mana bulan purnama pertama terjadi. Sebagai puncak dari seluruh Perayaan Tahun Baru Imlek, acara budaya yang benar-benar menakjubkan ini tentunya patut diupayakan, untuk disaksikan dan merasakan pengalaman secara langsung.

Kota Singkawang berada 145 km sebelah utara dari Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Singkawang adalah kota terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat, yang berbatasan dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia. Tidak seperti kota-kota lain di Indonesia, Singkawang memiliki suasana oriental yang berbeda dengan ratusan klenteng-klenteng Cina yang ditemukan di hampir setiap sudut kota. Hal ini karena lebih dari 70% dari populasi Singkawang adalah keturunan Tionghoa, terutama dari suku Hakka.

or cancel