Cari Event


Festival Danau Sentani 2018 di Jayapura : Acara Tahunan Paling Besar dan Meriah di Papua

Festival Danau Sentani 2018 di Jayapura : Acara Tahunan Paling Besar dan Meriah di Papua
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Danau Sentani, Jayapura, Papua
Start Date : Waktu Ditentukan Kemudian
Views : 5133

Menyajikan budaya yang hidup dari berbagai kelompok etnis yang mengelilingi Danau Sentani yang memukau di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Untuk waktu penyelenggaraan Festival Danau Sentani 2018 yang menarik ini akan diumumkan kemudian , berpusat di kawasan wisata Khalkhote di Timur Sentani. Festival yang lalu mengusung tema "One in Diversity to Achieve Greatness" yang mencerminkan semangat persatuan dan harmoni yang dimiliki oleh beragam klan atau suku di sekitar danau.

Danau Sentani adalah salah satu danau terbesar di pulau Papua, - provinsi paling timur Indonesia - terletak di dekat ibu kota provinsi, Jayapura, di pantai timur laut sisi Indonesia di New Guinea. Di danau ada rumah panggung yang dilengkapi jaring untuk menyeret tangkapan ikan sehari-hari. Ada lebih dari 33 jenis ikan yang ditemukan di Danau Sentani dengan setengahmerupakan endemik danau ini. Pengujung yang datang ke Sentani dapat menikmati berenang di danau, mengobrol dengan penduduk setempat yang ramah, menyaksikan proses pembuatan sagu, mencoba makanan khas setempat atau mencicipi buah matoa yang banyak ditemukan di sepanjang jalan atau di pasar lokal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini akan disorot dengan berbagai atraksi budaya yang menarik yang dihadirkan oleh berbagai suku yang tinggal di sekitar Danau Sentani yang akan dilakukan baik di darat maupun di danau besar. Festival ini juga akan mengenalkan lagu daerah, kerajinan tangan, lomba kuliner dan bazaar, serta mengepang rambut sebagai ciri budaya lokal. Festival ini juga akan menawarkan beberapa produk terbaik dari wilayah ini termasuk buah kakao, kopi, dan naga, tekstil Batik Papua, kerajinan kulit pohon, dan banyak lagi.

Di antara beberapa sorotan yang paling dinanti dari festival ini adalah Isilo, sebuah tarian kolosal tradisional di kapal yang melibatkan ratusan pemain, tarian perang, dan juga parade budaya besar-besaran. Tarian dan parade perang selalu menjadi bagian penting dan sakral dari festival ini. Tahun ini, juga akan ada Ondoafi, atau pemimpin dan penjaga adat dan tradisi suku.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nasional Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti menjelaskan bahwa Festival Danau Sentani 2018 berperan penting dalam pelestarian dan pengembangan nilai budaya sekaligus kreativitas masyarakat sekitar Danau Sentani. Menggarisbawahi bahwa festival adalah contoh sempurna tentang bagaimana perbedaan etnis, agama, dan ras dapat berkumpul dan hidup dalam harmoni dan kesatuan. "Tiga agenda utama Festival Sentani, di samping Karnaval Nusantara, adalah Pertunjukan Budaya, Pameran Seni, dan Wisata. Semua anggota masyarakat berpartisipasi dalam semua agenda terlepas dari suku, agama, dan asal mereka. Keindahan masyarakat Papua, "tambah Esthy Reko Astuti.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengungkapkan antusiasmenya tentang acara tersebut. Menurut Menteri, Danau Sentani adalah salah satu keajaiban alam yang paling menarik yang terletak di provinsi paling timur Indonesia. "Danau Sentani memang mengagumi, semoga sukses di Festival Danau Sentani 2018 dan seluruh masyarakat di Jayapura" kata Menteri Arief Yahya.

Untuk mencapai Danau Sentani, ambil penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, atau kota besar manapun di Indonesia ke kota Jayapura. Dari kota naik bus kecil ke barat Danau Sentani yang ditempuh sekitar setengah jam.

Festival Danau Sentani adalah salah satu dari tiga festival paling mengesankan di Papua bersama dengan Festival Lembah Baliem, dan Festival Asmat, yang sekaligus menawarkan presentasi terbaik dan terlengkap dari pulau besar Papua.

or cancel

Event Lainnya di papua more »