Cari Event


Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 : Pesta yang Meriah di Pos Lintas Batas Negara

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 : Pesta yang Meriah di Pos Lintas Batas Negara
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau, Kapus Hulu, Kalimantan Barat
Start Date : Oct 27, 2018
End Date : Oct 29, 2018
Views : 2003

Setelah sukses menyelenggarakan acara yang sama pada tahun sebelumnya, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau di Kabupaten Kapus Hulu, Provinsi Kalimantan Barat akan kembali hidup dan meriah lewat penyelenggaraan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 - 29 Oktober 2018.

Kabupaten Kapuas Hulu masih menjadi tujuan wisata utama di Provinsi Kalimantan Barat, karena ini didukung oleh keragaman dan keunikan budaya yang masih melestarikan keasliannya sampai sekarang disamping keindahan pemandangan alam, keunikan dan spesies endemik. Tanaman dan hewan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu. Hal ini sesuai dengan daya tarik wisata di Indonesia yaitu budaya dan alam.

Penyelenggaraan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 adalah sebuah hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah), pemerintah pusat (Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum) dan LSM (WWF Kalbar, Dian Tama, Earth Race, PRCF Indonesia, Kompakh, ASPPUK, Lanting Borneo, dll.).

Acara ini akan dihadiri semua aparat daerah, pejabat lingkup pemerintah kabupaten, instansi pemerintah pusat, lembaga BUMN, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi non pemerintah yang bekerja di Kabupaten Kapuas Hulu.

Acara Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) tahun lalu mampu menarik lebih dari 15.000 orang, termasuk turis Malaysia.

"Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, selama acara tahun 2017 ada 15.000 orang yang hadir dalam acara tersebut. Jika masing-masing menghabiskan Rp 200.000, berarti total transaksi di Kapuas Hulu mencapai Rp 3 miliar, "kata Bupati Kapuas Hulu Abang M. Nasir.

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 akan menampilkan pameran kerajinan dan masakan lokal, dan berbagai kompetisi seperti kompetisi sumpit, kompetisi gasing, kompetisi kano dan lomba minum madu, yang diharapkan melibatkan 2.000 peserta.

Acara terakhir akan diadakan di dekat Danau Sentarum dimana untuk semakin memeriahkan acara ini akan mengundang artis-artis popular dan favorit saat ini.

Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK) 2018 akan memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung yaitu; sebagai promosi objek wisata dayak di Kab. Kapuas Hulu khususnya TN Betung Kerihun dan TN Danau Sentarum beserta daerah sekitarnya serta daya tarik di situs budaya di Kapuas Hulu; Meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Kab. Kapuas Hulu yang secara otomatis meningkatkan pendapatan penduduk setempat dan kenaikan PAD (pendapatan daerah) Kabupaten Kapuas Hulu; serta meningkatkan investasi melalui pembangunan sarana dan prasarana pariwisata di Kapuas Hulu.

Kapuas Hulu terkenal dengan keindahan dua objek wisata andalannya, yaitu Taman Nasional Danau Sentarum dan Betung Kerihun.

Danau Sentarum yang terbentuk pada zaman es merupakan rumah bagi 510 spesies tumbuhan, 33 di antaranya merupakan tanaman endemik sedangkan 10 spesies lainnya adalah spesies baru.

Selain itu, Taman Nasional Danau Sentarum juga menampung 141 spesies mamalia, 29 spesies endemik dan 64 persen adalah hewan asli. Tempat ini juga merupakan rumah bagi 266 spesies ikan, di mana 78 persennya merupakan spesies endemik, menjadikan Taman Nasional Danau Sentarum sebagai salah satu habitat ikan air tawar terlengkap di dunia.

or cancel