Cari Event


Jadwal Event

Favorit

Festival Keraton Nusantara 2017 di Cirebon, Jawa Barat : Festival Istana Kerajaan yang Ke-11

Festival Keraton Nusantara 2017 di Cirebon, Jawa Barat : Festival Istana Kerajaan yang Ke-11
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Cirebon, Provinsi Jawa Barat
Start Date : Sep 15, 2017
End Date : Sep 20, 2017
Views : 159

Berkumpul bersama bangsawan dan sultan serta keturunan keluarga aristokrat dari seluruh Nusantara, Festival Keraton Nusantara 2017 ke-11 akan diselenggarakan pada tanggal 15 sampai 20 September di kota Cirebon di pantai utara Provinsi Jawa Barat. Festival ini akan menjadi yang kedua kalinya di Cirebon menjadi tuan rumah acara tersebut setelah menyelenggarakan Festival Istana Kerajaan Kedua pada tahun 1997.

Delegasi dari 50 istana kerajaan dan juga 100 rumah kerajaan yang mengikuti akan mengikuti festival budaya semacam ini. Selain istana dari seluruh negeri, juga akan ada perwakilan dari keluarga kerajaan negara tetangga termasuk dari Malaysia dan Brunei Darussalam.

Secara total, Cirebon sedang mempersiapkan kedatangan lebih dari 10.000 tamu, yang terdiri dari juga wisatawan domestik dan internasional. Festival itu sendiri akan dipusatkan di istana kerajaan Cirebon, yaitu Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, dan juga di tempat bersejarah Taman Sunyaragi.

Festival ini akan disorot dengan berbagai fitur menarik yang mencakup parade besar tentara kerajaan dalam kostum tradisional resmi mereka, pertunjukan seni dan budaya tradisional dari banyak istana kerajaan, upacara kerajaan dengan upacara pernikahan, kostum kerajaan dan mode mereka, sebuah pameran pusaka kerajaan, konvensi Rajas dan Sultan di nusantara, dan banyak lagi. Juga menyoroti festival tersebut akan dibukanya Museum Pusaka Istana Kasepuhan yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Terlepas dari kenyataan bahwa saat ini Negara Indonesia adalah sebuah Negara Kesatuan, kepulauan yang luas ini masih memiliki banyak rumah kerajaan yang berbeda di pulau-pulau berbeda yang tak terhitung jumlahnya yang dibentuk oleh perkembangan historis selama berabad-abad ketika wilayah ini pernah diperintah oleh raja atau sultan. Saat ini sejumlah rumah kerajaan raja dan sultan masih ada, namun mereka bukan lagi penguasa teritorial. Hari ini mereka telah menjadi wali budaya tradisional dan juga kebijaksanaan masa lalu yang sangat berharga.

Sebagai produk budaya tradisional, banyak bentuk seni unik Indonesia pada awalnya dikembangkan oleh rumah-rumah kerajaan dan sekarang diakui di seluruh dunia karena telah menarik minat internasional. Ini termasuk tekstil batik, gamelan orkestra, tarian kecak bali, Pencak Silat, yang semuanya telah dicatat oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. Selain itu, karya arsitektur kerajaan kuno seperti candi borobudur yang megah dan prambanan yang mengesankan juga telah menjadi monumen warisan budaya yang penting tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk dunia.

Aset warisan budaya Indonesia yang khas dan beragam ini telah berhasil menarik jutaan pengunjung internasional untuk bepergian ke nusantara. Selain itu, kesultanan seperti di Yogyakarta, Solo, dan Palembang telah membangun museum yang sangat representatif dan juga mengembangkan kegiatan wisata yang menarik. Istana dan situs kerajaan lainnya merupakan magnet yang menarik bagi pengunjung domestik dan internasional yang ingin belajar dan lebih mengenal budaya tradisional Indonesia. Kota Cirebon adalah contoh bagus bagaimana tradisi budaya dan kebijaksanaan para tetua telah terpelihara dengan baik di dalam istana kerajaan.

Ada 4 istana atau 'Keraton' yang ditemukan di sini, yaitu: Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan, dan Keprabon. Kota ini juga terkenal dengan seni kain batik tradisionalnya yang dikenal dengan Batik Trusmi dengan motif pesisir yang berbeda dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Bagi pecinta kuliner, kota ini menawarkan berbagai menu tradisional nikmat khas Cirebon seperti Empal Gentong, Tahu Gejrot, NasiJamblang, NasiLengko, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Anda siap untuk mengeksplorasi atraksi Cirebon yang luar biasa serta banyaknya keajaiban budaya istana kerajaan Indonesia, pastilah Anda tidak melewatkan festival spesial ini!

or cancel

Event Lainnya di jawa-barat more »

Bandung: Tuan Rumah Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

Bandung: Tuan Rumah Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia 2017

( Aug 26, 2017, 07 : 00 / Aug 26, 2017, )