Cari Event


Jadwal Event

Festival Khanduri Laot 2018 : Tradisi Unik di Sabang, Aceh

Festival Khanduri Laot 2018 : Tradisi Unik di Sabang,  Aceh
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Sabang, Aceh
Start Date : Apr 27, 2018
End Date : May 1, 2018
Views : 504

Untuk melestarikan tradisi kuno yang telah diturunkan dari generasi ke generasi, kota Sabang di Provinsi Aceh, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan mengadakan Festival Khandori Laot 2018 dari 27 April s/d 1 Mei 2018 di Pelabuhan Sabang.

Festival ini menyoroti kebiasaan dan tradisi masyarakat pesisir Aceh yang masih dipraktikkan hingga hari ini dan memperkenalkan mereka sebagai daya tarik unik bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Khandori adalah istilah Aceh yang dapat diterjemahkan sebagai perayaan atau pesta, sementara Laot berarti laut. Dengan demikian, Khandori Laot sendiri merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dari masyarakat nelayan atas semua ikan yang telah diberikan oleh laut kepada mereka. Festival ini akan menampilkan sejumlah atraksi unik termasuk tradisi nelayan menuju ke laut, dekorasi perahu tradisional, kompetisi mendayung, kompetisi memancing tradisional, seni pantai dan pertunjukan budaya, dialog budaya dan seminar, zikir akbar atau doa massal, pameran produk kreatif , dan masih banyak lagi.

Tidak ada waktu atau periode khusus kapan Khandori Laot akan berlangsung, karena itu tergantung pada kesepakatan di antara para nelayan. Secara tradisional, ketika para nelayan sudah cukup untuk mengadakan pesta, mereka akan berdiskusi dan membuat persiapan untuk tradisi. Selama Khandori laot, nelayan dilarang berangkat ke laut selama 3 hari penuh. Awalnya, Khandori Laot terlibat ritual melempar kepala banteng ke laut tetapi ditinggalkan karena dianggap tidak pantas menurut ajaran Islam, agama mayoritas di provinsi paling barat di Indonesia.

Walikota Sabang, Nazaruddin, atau yang akrab disapa Teungku Agam, mengatakan bahwa setelah Festival Laot Khanduri, Sabang juga akan mengadakan sejumlah acara menarik termasuk Sabang Marine Festival, yang menampilkan yacht dari berbagai negara, dan festival kopi untuk lebih memperkenalkan Kopi Aceh yang legendaris kepada dunia.

Jadi, jika Anda siap untuk mengalami festival tradisional yang benar-benar unik, festival ini jelas merupakan salah satu yang tidak dapat Anda lewatkan!

or cancel