Cari Event


Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat 2019 di NTT

Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat 2019 di NTT
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur
Start Date : Jul 5, 2019
End Date : Jul 13, 2019
Views : 1379

Pulau Sumba yang indah, di Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan kembali disorot dengan atraksi spektakuler yang melibatkan lebih dari seribu kuda terbaik di pulau ini ketika Festival Parade 1001 Kuda Sandalwood berlangsung pada tanggal 5 Juli hingga 13 Juli 2019. Menyusul keberhasilan tahun lalu , tradisi yang benar-benar istimewa ini telah berkembang menjadi acara tahunan yang sangat dinanti oleh para wisatawan dari seluruh dunia.

Selama festival, kuda-kuda akan didekorasi dengan berbagai aksesoris dan dekorasi berkilau yang unik sementara penunggang mengenakan kostum tradisional pulau yang berbeda. Dibagi menjadi kelompok-kelompok, tim kuda dan penunggang kemudian akan bersaing di depan panel juri berdasarkan kriteria yang mencakup keterampilan kecantikan, kinerja, dan manajemen kuda.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menunggang kuda Sandalwood yang terkenal, panitia juga telah menyiapkan kuda untuk wisatawan yang dapat membawa mereka ke banyak tujuan menakjubkan Sumba di seluruh pulau.

Menambah perayaan, acara akan dikombinasikan dengan Tenun Ikat kain tenun tradisional yang Sumba terkenal, yang akan menampilkan pengrajin tenun terbaik tidak hanya dari Sumba tetapi juga dari pulau lain di provinsi Nusa Tenggara Timur. Festival Tenun Ikat Kain Tenun Tradisional akan diadakan di Tambolaka dan akan menampilkan banyak program menarik termasuk peragaan busana dan pertunjukan tari tradisional Sumba yang luar biasa.

Penanggung jawab Kalender Acara di Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti menyatakan penghargaannya dan berharap bahwa kedua acara tersebut dapat lebih meningkatkan pariwisata pulau ini. "Saya yakin bahwa kedua acara ini akan semakin memperkuat merek pariwisata Sumba dan Nusa Tenggara Timur khususnya dan Indonesia secara keseluruhan. Ini juga akan menambah daya tarik yang sudah berwarna-warni di Sumba seperti Festival Pasola, Situs Megalitik, dan keunikannya. Budaya Marapu, dan lainnya "kata Esthy Reko Astuti.

Menghadap Samudera Hindia yang luas, pulau Sumba yang terletak di dekat Pulau Komodo di provinsi Nusa Tenggara Timur mungkin telah menjadi lebih populer sebagai surga peselancar dan tempat persembunyian terpencil yang eksklusif. Namun, Sumba selama berabad-abad dikenal sebagai Pulau Sandalwood karena kayu harumnya yang dicari terutama oleh bangsawan Cina. Karena alasan ini, kuda Sumba yang gesit disebut Sandalwood Ponies yang paling populer untuk pacuan kuda. Kuda-kuda ini adalah puncak dari tradisi tahunan yang menarik dari Festival Pasola.

Kuda Sandalwood mendapatkan namanya dari pohon cendana yang dulu tumbuh subur di Sumba dan sudah lama dikaitkan dengan pulau itu. Di Cina, kayu harum ini digunakan untuk membuat peti harta karun berukir indah untuk melestarikan konten berharga mereka dari pembusukan dan serangga.

Kuda Sandalwood adalah salah satu jenis kuda terbaik di Indonesia, sebagian karena fakta bahwa ini adalah jenis campuran dengan kuda-kuda Arab. Mereka sangat populer di pacuan kuda, baik di flat atau di harness. Mereka juga digunakan dalam pacuan tanpa pelana yang diadakan di pulau-pulau, dengan trek yang sering mencakup lebih dari tiga mil. Secara tradisional, Sandalwood digunakan untuk pekerjaan ringan, pak, pertanian, dan berkuda.

Untuk mencapai Sumba, Garuda Indonesia memiliki penerbangan reguler ke Tambolaka dari Jakarta dengan singgah di Bali, sementara beberapa maskapai melayani rute Bali-Waingapu.

or cancel