Cari Event


Festival Pesona Budaya Asmat 2018 : Menyaksikan Karya Ukiran Tanpa Sketsa di Agats, Kabupaten Asmat

Festival Pesona Budaya Asmat 2018 : Menyaksikan Karya Ukiran Tanpa Sketsa di Agats, Kabupaten Asmat
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Agats, Kabupaten Asmat, Papua
Start Date : Jun 19, 2018
End Date : Jun 23, 2018
Views : 1710

Terletak di provinsi paling timur Indonesi yaitu Provinsi Papua, Terdapat Suku Asmat yang telah dikenal karena kemampuannya untuk membuat karya ukiran tanpa sketsa apapun. Ukiran ini tercermin dihubungkan dengan dunia roh. Festival Budaya Asmat tahunan menyoroti ukiran halus Orang Asmat, yang dibintangi oleh ratusan seniman pemahat dan juga penari tradisional Suku Asmat.

Festival Pesona Budaya Asmat 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 19 - 23 Juni 2018 yang akan dipusatkan di Lapangan Yos Sudarso, Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Pada puncak pesta budaya Asmat, selalu  digelar lelang dua ratusan ukiran Asmat bernilai tinggi yang merupakan ukiran terbaik hasil seleksi panitia dan selalu lebih 50 % terjual dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta sampai Miliaran rupiah.

Festival Budaya berawal dari tahun 1980an, saat misionaris menyelenggarakan lomba menggambar dan mengukir tingkat siswa untuk memperluas seni dan estetika. Namun, para siswa benar-benar memasukkan hasil ukiran orang tua, sebagai tindak lanjut dari investasi yang dimaksud yaitu ukiran, para Misionaris mengalihkan lomba menggambar untuk siswa menjadi lomba mengukir tingkat pengukir atau pemahat. Persaingan mengukir mendapat umpan balik positif dari semua pemahat, setiap tahun selalu tampil diukir dengan nilai artistik tinggi dan menakjubkan. Pada akhir tahun 1990an, Bupati Merauke, R. Soekardjo memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan Festival Budaya setiap bulan Oktober. Tahun 2004 saat pemisahan Kabupaten  Asmat,  Kabupaten Asmat mulai mengorganisir Festival Budaya yang pindah dari Gedung Soska ke Lapangan Yos Sudarso sebagai ruang publik, sehingga seluruh masyarakat dapat hadir untuk menyaksikan karya semua pemahat, menyaksikan pertunjukan tari tradisional, waktu sosial bersama teman-teman dan menghibur diri mereka sendiri. Turis mancanegara maupun domestik, wartawan, dan seluruh masyarakat tertuju pada Festival Budaya di Lapangan Yos Sudarso.

Selain itu, festival ini mengumpulkan para penenun dan pemusik tradisional. Dengan balapan dayung yang energik di sepanjang Sungai Syirets, Festival Budaya Asmat menawarkan lebih dari sekedar pameran kerajinan. Selalu dikemas dengan ribuan tamu dan pengunjung dari seluruh dunia, festival yang semarak ini menjamin Anda mendapatkan waktu berkualitas baik terutama jika Anda tertarik dengan antropologi, kesenian, dan budaya.

or cancel