Cari Event


Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017 : Acara Paling Meriah di Kota Bitung, Dekat Manado

Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017 : Acara Paling Meriah di Kota Bitung, Dekat Manado
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)
Start Date : Oct 6, 2017
End Date : Oct 10, 2017
Views : 2154

Terkenal karena keajaiban bawah lautnya yang menakjubkan, Selat Lembeh di kota pelabuhan Bitung dekat kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara akan menjadi hidup dengan berbagai macam perayaan ketika Festival Selat Lembeh berlangsung dari tanggal 6 sampai 10 Oktober 2017.

Kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017 dimaksudkan untuk mendukung program Pemerintah Pusat melalui  program “Wonderful Indonesia” dan mempromosikan program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui program “NorthSulaWeSee” serta tidak ketinggalan untuk mempromosikan pariwisata Kota Bitung yang dikemas dalam slogan “B3 5P” yaitu Bitung Bahari Berseri dengan lima Pesona antara lain: Pesona Bahari, Pesona Flora, Pesona Fauna, Pesona Industri, serta Pesona Budaya, Sejarah dan Religi.

Baca juga : Selat Lembeh: Kiblat untuk Fotografi Bawah Air

Festival Pesona Selat Lembeh 2017 akan menampilkan kegiatan menarik termasuk Lomba Foto Underwater, Lomba Lari 10 Km, Lomba Renang Selat Lembeh, Parade/Lomba Perahu Hias, Festival Kuliner, Festival Budaya Masamper, Rekor MURI menari manaekin terbanyak, Parade Yacht, Festival Tuna, Festival Budaya Maengket, berbagai kompetisi permainan rakyat tradisional, dan banyak lagi dimana acara puncaknya tepat pada hari Ulang Tahun Kota Bitung.

Terkenal dengan makhluk fotogenik yang menakjubkan dan unik, Selat Lembeh adalah jalur panjang dan sempit yang memisahkan daratan Sulawesi dan Pulau Lembeh. Secara administratif terletak di Kota Bitung, tidak jauh dari Manado, disini orang bisa menemukan dunia yang sama sekali berbeda dan dengan kehidupan bawah laut tropis yang menarik dan paling berwarna. Selat Lembeh membentang sepanjang 16 km dan lebar hanya 1,2 kilometer, namun di perairan sempit ini tidak kurang dari 88 tempat menyelam terbaik telah ditemukan.

Titik menyelam disini berada di kedalaman antara 15 sampai 25 meter. Hampir tidak ada arus, dan sepanjang tahun air tetap hangat hanya 24 sampai 30 derajat celcius. Sistem eko yang unik membuat perairan  ini menjadi rumah bagi nudibranch, cumi-cumi flamboyan, mimic octopus hingga ikan kodok berbulu. Keindahan luar biasa mereka membuat makhluk ini menjadi subyek yang langka bagi fotografer bawah laut. Karena itulah fotografer kelautan menyebut Selat Lembeh  sebagai "Surga Fotografi Bawah Laut".

Jika Anda tinggal lebih lama di daerah ini, luangkan waktu untuk berjalan-jalan ke Cagar Alam Tangkoko, habitat monyet kera hitam dan tarsius berukuran tubuh kecil  dengan mata piring besar yang merupakan ikon kawasan ini.

Kota pelabuhan Bitung hanya berjarak kurang dari satu jam perjalanan dari Manado. Ada bus umum yang melayani rute antara Manado-Bitung, tapi alternatifnya Anda bisa naik taksi atau menyewa mobil untuk sampai ke kota pelabuhan. Setibanya di Bitung, lanjutkan ke Dermaga Ruko Pateten dimana kapal akan menyeberang ke Pulau Lembeh. Dalam perjalanan Anda akan melihat berbagai jenis kapal dengan berbagai ukuran, mulai dari sampan berlabuh, kapal layar tradisional hingga kapal pergat angkatan laut yang besar dan kapal perang lainnya.

or cancel