Cari Event


Jadwal Event

Festival Phinisi 2018 : Perayaan Tahunan atas Ketangguhan Kapal Phinisi yang Legendaris di Bulukumba

Festival Phinisi 2018 : Perayaan Tahunan atas Ketangguhan Kapal Phinisi yang Legendaris di Bulukumba
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Bulukumba, Sulawesi Selatan
Start Date : Sep 13, 2018
End Date : Sep 16, 2018
Views : 1778

Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan akan kembali menggelar Festival Phinisi 2018. Acara empat hari tersebut dibuka pada tanggal 13 September 2018 dan akan berakhir pada tanggal 16 September 2018. Tahun ini menandai peringatan sembilan tahun Festival Phinisi.

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba Muh Ali Saleng mengatakan bahwa perayaan tahun ini menghadirkan perjalanan berlayar yang diikuti oleh kapal tradisional phinisi dan berbagai kapal layar.

Agar bisa memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan, kapasitas mesin kapal harus berada di 15 GT. Peserta perjalanan ini tidak hanya mencakup pelaut lokal tapi juga pelaut dari seluruh provinsi Sulawesi Selatan.

Pemda Bulukumba telah menyiapkan berbagai hadiah yang meliputi mobil sebagai hadiah utama, dan sepeda motor

Selain perjalanan, lomba memancing kelompok juga digelar di sekitar Tanjung Bira. Setiap kelompok terdiri dari tujuh peserta, pemenangnya akan didasarkan pada kelompok mana yang menangkap ikan terberat. Namun, mereka tidak diizinkan untuk menangkap ikan hiu.

"Ini juga acara sosialisasi untuk masyarakat setempat, terutama nelayan tentang etika dan regulasi perikanan," jelas Muh Ali.

Acara peluncuran phinisi juga akan diadakan di festival ini, prosesi disebut Anynorong Lopi dan lokasinya di lokasi pabrik kapal Tanaberu di Kecamatan Bontobahari.

Acara tradisional lainnya yang dapat dinikmati pengunjung di festival ini antara lain ritual tradisional Kajang yang disebut Kamp Addingingi dan Attunu Panroli, tarian Pabbitte Passapu dan demo tenun Kajang di daerah Kajang.

"Kami menampilkan ritual tradisional ini sebagai cara untuk melestarikan budaya Kajang yang belum pernah didengar banyak orang dan untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara," tambah Muh Ali.

Sementara itu, pertunjukan musik diadakan di daerah Tanjung Bira, akan menampilkan para artis ibukota.

or cancel