Cari Event


Festival Pulau Tomia 2018 Wakatobi : Festival Budaya yang Unik dan Semarak di Pulau Tomia

Festival Pulau Tomia 2018 Wakatobi : Festival Budaya yang Unik dan Semarak di Pulau Tomia
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Pulau Tomia, Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara
Start Date : Jun 18, 2018
End Date : Jun 20, 2018
Views : 1363

Bulan Juni ini, Kepulauan Wakatobi di Provinsi Sulawesi Tenggara akan kembali berkobar seiring kegiatan saat Festival Pulau Tomia 2018 berlangsung dari tanggal 18 sampai 20 Juni 2018.

Kepulauan Wakatobi terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang spektakuler. Nama Wakatobi sebenarnya adalah bentuk singkat dari 4 nama pulau utama yang disebut Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko, yang dulu lebih dikenal dengan nama pulau Tukang Besi.

Festival Pulau Tomia 2018 akan menampilkan beragam atraksi budaya, pesta kuliner, lomba memancing, dan masih banyak lagi. Pulau Tomia sendiri memiliki sejumlah tradisi budaya yang unik seperti upacara Safara yang diadakan setiap tahun di bulan Safar mengikuti Kalender Islam dan Bose-bose dimana orang menghiasi kapal tradisional, memuatnya dengan sesaji dan kemudian parade perahu di sepanjang pantai. Pertunjukan yang juga akan dilakukan adalah tarian suci Sajo Moane dan tari Saride yang melambangkan kesatuan dan kebersamaan.

Seiring dengan kemegahan alam bawah tanahnya yang luar biasa, Pulau Tomia memiliki tradisi budaya yang unik. Dan itulah alasan mengapa Festival Pulau Tomia 2018 akan menawarkan pengalaman yang benar-benar menggairahkan.

Wakatobi dikenal luas memiliki jumlah terumbu karang dan spesies ikan terbanyak di dunia. Pulau-pulau ini juga terkenal sebagai terumbu karang penghalang terbesar di Indonesia, kedua setelah Great Barrier Reef di Australia. Disini dapat ditemukan fringing, atol dan barrier reefs selain menawarkan lebih dari 50 tempat menyelam yang mudah dijangkau dari pulau-pulau besar.

Ini adalah tempat berlindung bagi spesies ikan besar dan kecil, taman bermain lumba-lumba, kura-kura dan bahkan paus. Wakatobi sendiri dikatakan memiliki 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang dari total 850 koleksi dunia, yang bila dibandingkan dengan dua pusat selam terkenal di dunia, Laut Karibia berjumlah 50 spesies, dengan Laut Merah di Mesir memiliki 300 spesies terumbu karang.

or cancel