Cari Event


Festival Sriwijaya 2017 ke 26 di Palembang : Menganggkat Kembali Kejayaan Kerajaan Sriwijaya

Festival Sriwijaya 2017 ke 26 di Palembang : Menganggkat Kembali Kejayaan Kerajaan Sriwijaya
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Palembang, Sumatare Selatan
Start Date : Aug 15, 2017
Start Time : 08 : 00
End Date : Aug 19, 2017
End Time : 22 : 00
Fees : Gratis
Views : 767

Menghidupkan kembali keagungan Kerajaan Sriwijaya yang pernah menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara, edisi 26 dari Festival Sriwijaya 2017 akan diadakan lagi dari tanggal 16 sampai 20 Agustus 2017. Festival ini mengusung tema “Perniagaan Maritim” dan akan dipusatkan di Benteng Kuto Besak yang ikonik. Di Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan di Sungai Musi yang luas.

Festival Sriwijaya merupakan acara rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  dengan maksud untuk mengangkat kembali nilai-nilai tradisional yang ada pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, Festival Sriwijaya 2017 juga sebagai ajang promosi pariwisata dan budaya di Kota Palembang dan sekitarnya.

Festival Sriwijaya 2017 akan dibuka dengan acara pemutaran bioskop keliling dan kemudian diikuti dengan penampilan seni dan budaya dari kabupaten-kabupaten di wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Untuk melengkapi festival tersebut, penyelenggara menampilkan live music dari beberapa grup musik dan festival kuliner dan jajanan pasar.

Palembang, kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan, pernah menjadi terkenal dengan kerajaan Sriwijaya yang besar, raya dan berkuasa lebih dari tiga abad - dari abad 9 sampai 11 – penguasa tertinggi di atas laut Sumatra termasuk Selat Malaka yang strategis.

Sriwijaya kemudian dikenal sebagai pusat perdagangan yang makmur sekaligus pusat pembelajaran Buddhis. Para bhikkhu dari China, India dan Jawa biasa berkumpul di sini untuk belajar dan mengajarkan pelajaran tentang Buddha. Pada tahun 671 kronologi Tiongkok menulis bahwa biksu Buddha China yang terkenal itu, I Ching tinggal di Palembang selama enam bulan dalam perjalanannya ke India. I Ching menulis bahwa ada lebih dari 1.000 biksu Buddha di kota tersebut dan menyarankan bhikkhu China untuk belajar bahasa Sanskerta di Palembang sebelum melanjutkan perjalanan ke India. Belakangan, laksamana China Cheng Ho, utusan kaisar China juga mengunjungi Palembang pada abad ke-15.

Palembang mudah dicapai dari Jakarta, Medan dan kota-kota lain di Indonesia dan dilayani setiap hari oleh banyak maskapai penerbangan.

or cancel

Event Lainnya di sumatera-selatan more »