Cari Event


Festival Sriwijaya 2018 Palembang : Festival Budaya Provinsi Sumatera Selatan yang Paling Dinantikan

Festival Sriwijaya 2018 Palembang : Festival Budaya Provinsi Sumatera Selatan yang Paling Dinantikan
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Palembang, Sumatera Selatan
Start Date : Aug 22, 2018
End Date : Aug 27, 2018
Views : 6356

Festival Sriwijaya merupakan event pergelaran kebudayaan tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang pada tahun 2018 ini memasuki pelaksanaannya yang ke-27. Dalam event tersebut dipergelarkan kebudayaan dari 17

kabupaten/ kota di Sumatera Selatan, seperti tarian, drama musikal, lagu daerah, juga kuliner khas masing-masing daerah. Dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya , meningkatkan citra Sumatera Selatan sebagai daerah tujuan wisata guna meningkatkan pemerdayaan ekonomi kerakyatan, serta menampilkan puncak kreatifitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian dan kearifan lokal.

Festival Sriwijaya 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 22 - 27 Agustus 2018 di Benteng Kuto Besak, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan Festival Sriwijaya ini akan menjadikan Sumatera Selatan sebagai tujuan nasional utama.

"Festival ke 27 ini bertujuan untuk mempromosikan 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan," kata Alex.

Festival Sriwijaya 2018 akan dimulai dengan sebuah bioskop mobile yang akan menyaring film-film pendidikan, budaya dan pariwisata, diikuti oleh sebuah acara pembukaan yang diikuti oleh 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Selanjutnya, akan menggelar lomba melukis, pameran dan pentas seni.

 Selain itu, Akan ada panggung yang menampilkan pertunjukan musik etnik, parade musik jalanan, parade dul muluk dan pertunjukan budaya dari kabupaten dan kota di Sumatera Selatan. Pada sesi berikutnya, acara utama akan mencakup lokakarya dan diskusi tentang budaya Sumatera Selatan. Acara penutupan akan digelar pada hari terakhir, serta pagelaran budaya dari enam kabupaten dan kota di Sumatera Selatan.

Selain menggelar festival, pemerintah juga akan menawarkan paket wisata, seperti tur kota tiga hari di Palembang dan perjalanan belanja empat hari.

Palembang, kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan, pernah menjadi terkenal dengan kerajaan Sriwijaya yang besar, raya dan berkuasa lebih dari tiga abad - dari abad 9 sampai 11 – penguasa tertinggi di atas laut Sumatra termasuk Selat Malaka yang strategis.

Sriwijaya kemudian dikenal sebagai pusat perdagangan yang makmur sekaligus pusat pembelajaran Buddhis. Para bhikkhu dari China, India dan Jawa biasa berkumpul di sini untuk belajar dan mengajarkan pelajaran tentang Buddha. Pada tahun 671 kronologi Tiongkok menulis bahwa biksu Buddha China yang terkenal itu, I Ching tinggal di Palembang selama enam bulan dalam perjalanannya ke India. I Ching menulis bahwa ada lebih dari 1.000 biksu Buddha di kota tersebut dan menyarankan bhikkhu China untuk belajar bahasa Sanskerta di Palembang sebelum melanjutkan perjalanan ke India. Belakangan, laksamana China Cheng Ho, utusan kaisar China juga mengunjungi Palembang pada abad ke-15.

Palembang mudah dicapai dari Jakarta, Medan dan kota-kota lain di Indonesia dan dilayani setiap hari oleh banyak maskapai penerbangan.

or cancel

Event Lainnya di sumatera-selatan more »