Cari Event


Festival Sungai Bono (Bono River Festival) Tahun 2017 di Riau

Festival Sungai Bono (Bono River Festival) Tahun 2017 di Riau
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Pelalawan
Start Date : Mar 11, 2017
Start Time : 08:00
End Date : Mar 30, 2017
End Time : 17:00
Views : 1616

Jangan lewatkan event ini bagi Anda penggemar surfing, pemburu sensasi, dan pecandu adrenalin. Festival Sungai Bono Tahun 2017 berlangsung bulan maret yang membawa ombak yang paling menantang. Bukan di Pantai seperti surfing pada umumnya melainkan jauh ke Sungai Kampar di Kabupaten Pelalawan, Riau. Acara ini biasanya diselenggarakan bulan November, tetapi kali ini diselenggarakan padam saat air pasang mencapai puncak tertinggi yang jatuh pada tanggal 12-16 Maret 2017 saat bulan purnawa dan juga pada tanggal 27-31 Maret 2017 selama periode bulan baru.

Seiring panjang sungai terbagi dua cabang besar yang dikenal dengan Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Kemudian aliran sungainya bertemu di Langgar Kabupaten Pelalawan tepatnya di muara Kampar. Di muara ini bertemu dengan banyak sungai lain yang mendorong air keluar ke mulut sungai yang melebar. Pada setiap Pasang, gelombang tinggi dari air laut masuk dan memenuhi arus hilir Sungai Kampar. Dimana dua energi yang berlawanan bertemu dan apalagi disebabkan oleh gelombang sungai berbentuk corong, air bergegas keluar dari pedalaman meluncur lebih dari 60 km ke hulu.

Gelombang pasang ini dinamai oleh masyarakat lokal dengan sebutan “Bono”,yang bergegas dengan suara gemuruh keras pada kecepatan 40 km/jam . Surfing di Sungai ini bisa mencapai 4 meter sampai dengan 6 meter, pada saat ini membuat barel yang digemari banyak peselancar.

Gelombang pasang Kampar atau oleh penduduk setempat menyebutnya “Bono” terjadi secara teratur di Teluk Meranti. Gelombong ini pertama kali ditemukan oleh peselancar Perancis dan Brasil. Pada saat itu mereka menemukan sensasi yang berbeda.

Untuk mencapai Teluk Meranti, dibutuhkan penerbangan ke Pekanbaru. Dari Bandara Pekanbaru dibutuhkan 5 jam hingga 6 jam berkendara untuk mencapai Teluk Meranti. Disini, penduduk lokal menawarkan rumah mereka sebagai akomodasi bagi pengunjung. Selain itu tersedia juga home stay lain disekitarnya.

or cancel