Cari Event


Festival Tabut 2018 Bengkulu : Perayaan Tahunan Terpenting dan Terbesar di Bengkulu

Festival Tabut 2018 Bengkulu : Perayaan Tahunan Terpenting dan Terbesar di Bengkulu
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Bengkulu
Start Date : Sep 10, 2018
End Date : Sep 20, 2018
Views : 1853

Kunjungan ke Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, tidak lengkap tanpa menyaksikan festival tahunan yaitu Festival Tabut 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 20 September 2018 (1-10 Muharram) di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu. Festival ini diadakan setiap tahun pada awal bulan Islam Muharam, berdasarkan kalender biasa ini berarti bahwa acara ini bergerak maju sekitar sepuluh hari setiap tahun.

Festival itu sendiri diadakan untuk mengingat tragedi yang menimpa Hasan Husein. Hasan Husein adalah cucu nabi Islam Muhammad. Tragedi ini terjadi pada bulan Muharam di tahun 61 kalender Islam, ketika Husein bepergian ke daerah yang saat ini dikenal sebagai Irak. Dia diserang oleh pasukan Yazid saat berada di dekat Karbala, dan meninggal dalam peristiwa itu.

Nama Tabut berasal dari kata Arab At-Taubat, yang berarti sebanyak 'miniatur cerita nyata yang harus diingat Hasan Husein'. Tradisi pengorganisasian festival ini dibawa ke Indonesia oleh orang India dari wilayah Punjab, yang tiba di Bengkulu pada tahun 1336. Namun pasukan Gurkha Inggris juga membawa tradisi tersebut pada tahun 1685.

Beberapa acara diselenggarakan selama festival Tabut. Festival ini berlangsung dari 1 sampai 10 Muharam sesuai kalender Islam. Sebuah prosesi diadakan di mana pasir dibawa saat upacara tradisional. Pasir ini akhirnya ditempatkan di Grega, semacam mausoleum dimana tubuh Husein dimakamkan.

Orang juga mengunjungi sejumlah tempat suci dan miniatur makam yang dibawa melalui jalan-jalan Bengkulu dalam sebuah prosesi juga. Miniatur ini dibuat dan akhirnya dibawa ke 'medan perang Karbala', yang berjarak sekitar tiga kilometer dari lokasi utama festival itu sendiri.

Dengan membawa tabut tersebut ke medan pertempuran seremonial Karbala, puncak festival telah tercapai. Ribuan orang akan menonton sepanjang jalan selama prosesi ratusan tabut ini untuk melihat apakah favorit mereka juga muncul. Festival tahunan ini merupakan salah satu perayaan terpenting di kota ini dan menarik wisatawan regional, nasional dan internasional setiap tahunnya.

Tabut itu sendiri dibawa melalui kota Bengkulu oleh kelompok orang yang telah membangunnya lebih awal. Tabutnya terbuat dari bambu dan kerap dihiasi dengan bermacam warna dan lampu. Di malam hari, tabut yang lebih kecil dan besar dipajang dan diterangi dengan lampu terang dan berwarna-warni dalam berbagai ukuran dan bentuk. Selama prosesi, musik dimainkan juga.

Festival Tabut juga menawarkan kegiatan lain selain sekedar prosesi. Ada sejumlah kontes yang harus dimenangkan setiap tahun; Di antaranya adalah lomba kereta kuda tradisional, pertunjukan tarian tabut dan bentuk seni dan budaya lainnya. Sebagian besar kegiatan festival diadakan di dan sekitar Balai Raya Semarak Bengkulu, tempat tinggal gubernur,  lapangan Polda Bengkulu.

or cancel

Event Lainnya di bengkulu more »