Cari Event


Jadwal Event

Gorontalo Karnaval Karawo 2018 : Memperkenalkan Kain Khas yang Unik dan Indah dari Gorontalo

Gorontalo Karnaval Karawo 2018 : Memperkenalkan Kain Khas yang Unik dan Indah dari Gorontalo
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Gorontalo
Start Date : Nov 20, 2018
End Date : Nov 25, 2018
Views : 637

Provinsi Gorontalo di Pulau Sulawesi akan kembali mengadakan Gorontalo Karnaval Karawo pada tanggal 20 - 25 November 2018. Karnaval yang menawan ini akan mencakup banyak kegiatan dan pertunjukan yang menampilkan kain khas dari Gorontalo yang dikenal secara lokal sebagai "karawo". Untuk mengenalkan karawo ke seluruh dunia, Pemprov Gorontalo telah menyiapkan sejumlah kegiatan menarik, seperti lagu keluarga karawo, pertunjukan musik, lomba karnaval dan fotografi. Namun, puncak acara akan menjadi Karawo Fashion Festival.

Karawo adalah kain bordir tradisional dari provinsi Gorontalo yang hanya bisa dibuat dengan tangan. Tidak ada bentuk mesin yang bisa digunakan untuk membuat karya seni unik ini. Sebelumnya, perempuan Gorontalo hanya menggunakan motif bunga untuk menciptakan jenis kain ini. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka berinovasi dengan disain gambar dan logo burung. Pusat pembuatan kain karawo di Gorontalo ada di kecamatan Telaga Jaya.

Acara Gorontalo Karnaval Karawo pada tahun ini merupakan acara yang ketiga kali diselenggarakan sejak tahun 2016 yang lalu. Untuk edisi kali ini akan menampilkan hasil karya perancang Gorontalo dan beberapa daerah yang diundang.

Gorontalo Karnaval Karawo juga akan mencakup kompetisi untuk perancang busana dan model dalam empat kategori: busana muslim, gaun formal, pakaian kasual dan pakaian kantor. Acara fashion ini akan menjadi kesempatan besar bagi perancang busana muda Indonesia untuk memamerkan keahlian mereka.

Selain untuk mempopulerkan kain “karawo”, Gorontalo Karnaval Karawo 2018 juga bertujuan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Gorontalo. Dengan penyelenggaraan karnaval ini dapat mendatangkan wisatawan lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi perancang busana dan masyarakat setempat.

Pada saat acara karnaval berlangsung, wisatawan yang hadir dapat menyaksikan langsung hasil kain sulam khas Gorontalo yang diperagakan oleh model-model cantik sambil berlenggak-lenggok. Acara Gorontalo Karnaval Karawo 2018 direncanakan sedemikian rupa supaya bisa lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Untuk mencapai Gorontalo, Garuda Indonesia memiliki penerbangan langsung dari Jakarta, Denpasar (Bali), Surabaya dan Makassar, sedangkan Lion Air dan Sriwijaya Air mengoperasikan penerbangan ke Gorontalo dari Jakarta transit Makassar. Bandara kota Gorontalo, ibu kota Provinsi Gorontal, adalah Bandara Jalaludin.

or cancel

Event Lainnya di gorontalo more »