Cari Event


Kenduri Seni Melayu 2018 di Batam : Melestarikan Kesenian dan Budaya Melayu

Kenduri Seni Melayu 2018 di Batam : Melestarikan Kesenian dan Budaya Melayu
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Batam, Kepulauan Riau
Start Date : Sep 4, 2018
End Date : Sep 6, 2018
Views : 1524

Setiap daerah di Indonesia memiliki festival budaya atau karnaval budaya yang membawa ciri khas di setiap daerah, misalnya kota Solo ada “Solo Batik Carnival”, kota Jember dengan “Jember Fashion Carnival” dan banyak lagi. Kemudian Batam memiliki festival budaya sendiri yang disebut "Kenduri Seni Melayu" atau "Festival Seni Melayu".

Kenduri Seni Melayu 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 4 – 6 September 2018 di Batam. Kenduri Seni Melayu diadakan secara rutin setiap tahun untuk merayakan ulang tahun kota Batam.

Festival budaya di Batam menunjukkan budaya khas Melayu baik dari Kepulauan Riau dan daratan Riau sebagai tanah air orang Melayu. Meskipun namanya Kenduri Seni Melayu tetapi dalam implementasinya tidak hanya menampilkan kesenian Melayu, tetapi juga diikuti oleh budaya lain yang ada di Indonesia. Kenduri Seni Melayu juga dihadiri oleh peserta dari negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Budaya asli Melayu yang selalu ditampilkan di Kenduri Seni Melayu adalah budaya Mak Yong. Seni Mak Yong sangat jarang ditampilkan di tengah masyarakat, sehingga acara Kenduri Seni Melayu  atau Festival Seni Melayu menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya penduduk asli Melayu. Selain Mak Yong banyak atraksi budaya seperti pajangan, puisi sebagai seni pertunjukan yang kreatif, inovatif, eksperimental. Lagu Zapin, Dondang Sayang Mambo, Rampak Madani dan tari Lambak. Selain itu, ada juga parade budaya dari provinsi di seluruh Indonesia.

Tujuan dari Kenduri Seni Melayu  atau Festival Seni Melayu ini adalah untuk melestarikan budaya nasional Indonesia, khususnya budaya Melayu. Dan tentu saja sebagai platform untuk menarik wisatawan baik asing maupun domestik. Jadi Kenduri Seni Melayu sebagai objek wisata yang juga dijual oleh agen perjalanan untuk menarik wisatawan ke Batam khususnya Malaysia, Singapura dan negara-negara Asean lainnya.

or cancel