Cari Event


Pekan Gawai Dayak 2018 di Pontianak : Festival Budaya Tahunan yang Paling Meriah di Kalimantan

Pekan Gawai Dayak 2018 di Pontianak : Festival Budaya Tahunan yang Paling Meriah di Kalimantan
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Pontianak, Kalimantan Barat
Start Date : May 20, 2018
End Date : May 27, 2018
Views : 10778

Gawai Dayak merupakan perayaan dan festival budaya yang meriah dan diadakan setiap tahun oleh suku asli Kalimantan. Pekan Gawai Dayak 2018 merupakan acara yang ke-33  yang akan diadakan di Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat dari tanggal 20 sampai 27 Mei 2018, berpusat di rumah panjang tradisional Rumah Radakng di Jalan Sutan Syahrir di Pontianak.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tersebut akan menampilkan ritual dan upacara tradisional otentik Suku Dayak, akan ada parade budaya yang penuh warna di sekitar kota, dan permainan tradisional dan kompetisi keterampilan, di antaranya keterampilan tradisional dalam berburu dengan Sumpit, pemintalan top tradisional (pangkak gasing), lukisan tato, ukiran kayu, perisai tradisional, lomba tenun manik, dan banyak lagi. Untuk memeriahkan acaranya, festival ini juga akan menampilkan kompetisi menarik dan unik yaitu kegiatan menangkap babi. Agar lebih menantang lagi, babi-babi itu akan diolesi minyak sehingga membuatnya licin dan bahkan lebih sulit ditangkap.

Festival ini juga menampilkan pertunjukan kerajinan tradisional dan presentasi kuliner, pertunjukan seni, Fashion Show dengan kostum tradisional Dayak dan mode tren menggunakan kain tradisional Dayak, tarian tradisional, lomba lagu tradisional Dayak, dan tentu saja pawai ala Bujang Dara Gawai.

Selain diikuti oleh kelompok etnis Dayak Kalimantan Barat sendiri dan dari daerah sekitarnya, juga hadir masyarakat Dayak dari Sarawak, Sabah, dan Kinabalu (Malaysia), serta dari Kesultanan Brunei Darussalam.

Tradisi Dayak Gawai dimulai sebagai upacara panen masyarakat adat Dayak di sekitar Pontianak Kalimantan Barat yang telah menjadi bagian dari tradisi mereka selama beberapa dekade. Festival tradisional Gawai Dayak biasanya dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan, terutama oleh Dayak Iban dan Dayak Darat, sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang melimpah. Selama bertahun-tahun, penyesuaian dilakukan terhadap Gawai Dayak. Bagaimanapun, upacara tradisional masih mempertahankan elemen utamanya. Bekerja sama dengan pemerintah daerah, Gawai Dayak sekarang hanya berlangsung satu minggu, bukan tiga bulan dan sekarang dikenal sebagai Pekan Gawai Dayak.

Sejak tahun 1986, Pekan Gawai Dayak telah dipentaskan dan didanai oleh pemerintah daerah. Acara ini terbukti memiliki dampak positif dalam mempertahankan semangat, tradisi dan ikatan Dayak di antara klan yang berbeda, sekaligus memperluas budaya orang Dayak di Kalimantan Barat. Lebih dari itu, mendorong pelestarian budaya Dayak sebagai media efektif untuk mempromosikan pariwisata ke Kalimantan Barat.

Pastikan hadir untuk menyaksikan Festival Rakyat yang unik dan menarik ini.

or cancel