Cari Event


Pesta Kesenian Bali 2019 : Pesta Kesenian Paling Besar dan Meriah di Bali

Pesta Kesenian Bali 2019 : Pesta Kesenian Paling Besar dan Meriah di Bali
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Denpassar, Bali
Start Date : Jun 15, 2019
End Date : Jul 13, 2019
Views : 1778

Pesta Kesenian yang besar di pulau Bali yang indah akan kembali menjadi sorotan di surga wisata ini ketika edisi ke 41Pesta Kesenian Bali tahunan akan diluncurkan dari 15 Juni hingga 13 Juli 2019, berpusat di Taman Werdhi Budaya Art Centre Bali, Denpassar, Bali.

Selama satu bulan penuh, yang terbaik dari tarian, musik, dan ekspresi artistik pulau tropis yang indah ini akan ditampilkan kepada publik ketika Bali menampilkan presentasi budaya terbaiknya, disajikan dan dihidupkan kembali oleh penduduk desa di seluruh pulau. Akan ada pertunjukan harian tarian dan musik tradisional dan modern bersama dengan kegiatan budaya dan komersial terkait yang tak terhitung jumlahnya di mana seluruh Bali akan menyerbu kota untuk mempersembahkan persembahan tarian, musik, kegembiraan, warna dan keindahan yang menakjubkan. Festival selama sebulan akan dimulai dengan parade yang menampilkan seni dari semua kabupaten di Bali dan provinsi Indonesia lainnya.

Tahun ini, Pesta Kesenian Bali 2019 mengusung tema "Bayupramana" yang berarti: nafas kehidupan. Konsep Bayupramana berasal dari dua kata yaitu “Bayu” dan “Prmana”. Bayu berarti angin sementara pramana berarti kekuatan. Bayupramana berarti Daya Nafas Kehidupan, energy yang paling vital yang menghidupi dan menguasai segala sesuatu. Makna tersebut di transformasikan menjadi sebuah tema dan elemen angin yang dapat membuat sebuah karya seni.

Pesta Kesenian Bali tahunan secara tradisional dimulai dengan parade pembukaan besar yang melewati Bajra Sandhi Monument. Hari-hari berikutnya, sejumlah panggung serta tempat yang berbeda akan bergema dengan berbagai pertunjukan penuh warna yang disajikan oleh berbagai kelompok seni dari Bali dan pulau-pulau Indonesia lainnya.

Di antara sorotan penting yang tidak boleh dilewatkan adalah drama tari (Sendratari), teater Modern Bali, Workshop Fotografi, festival kuliner, dan pertunjukan musik. Juga akan ada berbagai pilihan kompetisi untuk berpartisipasi di dalamnya termasuk kompetisi film dokumenter, kerajinan tangan, penulisan sastra, lukisan, kompetisi fotografi. Parade dan prosesi dramatis serta mewah juga akan ditampilkan termasuk Gong Kebyar, TopengPanca, Nglawang, DramatariArja, WayangKulitParwa, JogedBumbung, dan banyak lagi.

Sebagai suguhan istimewa tahun ini, juga dalam agenda Kompetisi Modern Bondres (Permainan Komedi), Kompetisi Baleganjur untuk Anak-anak, Parade Drama Gong menampilkan lirik modern Bali, WayangKulitBabad, dan pertunjukan artistik kreatif baru lainnya.

Melewati 41 tahun sejarahnya,  Pesta Kesenian Bali atau Bali Arts Festival telah menjadi media untuk menemukan kembali dan melestarikan seni dan budaya Bali yang unik dan terkenal, sementara pada saat yang sama meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Melalui acara tahunan khusus ini, diharapkan bahwa keaslian, kearifan dan filosofi Bali yang sejati tidak hanya akan dilestarikan tetapi akan terus berkembang dan menyebar ke bagian lain dunia.

or cancel