Cari Event


Sail Nias 2019 : Persiapan Nias Menuju Gerbang Wisata Bahari Dunia

Sail Nias 2019 : Persiapan Nias Menuju Gerbang Wisata Bahari Dunia
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Nias, Sumatera Utara
Start Date : Jul 14, 2019
End Date : Sep 14, 2019
Views : 1081

Setelah Danau Toba yang terkenal di Sumatera Utara, Kali ini Pemerintah Pusat mulai mengembangkan dan mempromosikan Pulau Nias sebagai destinasi unggulan yang baru lewat acara Sail Nias 2019. Perhelatan ini diharapkan mampu membawa Nias sebagai gerbang tujuan wisata bahari kelas dunia yang kedepannya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar dan mendongrak devisa negara .

Sail Nias 2019 dijadwalkan akan diselenggarakan pada bulan Juli 2019 hingga September 2019 di 5 Kabupaten/Kota di Pulau Nias. Acara kali ini mengusung tema “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunai”. Puncak acara direncanakan akan digelar pada tanggal 14 September 2019 di Teluk Dalam, Nias Selatan. Kegiatan yang akan dilaksanakan di sini yaitu Wonderful Nias Expo 2019, kejuaraan surfing internasional WS: QS 1500, pagelaran budaya hingga bhakti sosial oleh TNI.

Untuk semakin memeriahkan Sail Nias 2019, penyelenggara akan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menarik seperti  Wind Surfing and Sailing, Free Diving Competition, Festival Lompat Batu Kepulauan Nias, Festival Kebudayaan Kepulauan Batu, Parade Kapal Nelayan Tradisional, Gebyar Kopi, Kuliner, Fishing Tournament Sail Nias, Wonderful Foto Tourism Expo dan masih banyak lagi.

Menteri Hukum dan HAM RI yang juga Ketua Panitia Pusat Sail Nias 2019 mengatakan, pemilihan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 karena didukung oleh potensi bahari yang dimilikinya.

“Nias memiliki potensi laut, perikanan, dan pariwisata yang sangat besar. Kami yakin dengan diselenggarakannya acara ini dapat menjadikan Nias sebagai gerbang tujuan wisata dunia. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi atau kerjasama dari berbagai pihak, ”ujar Menteti Yasonna Laoly, dalam acara yang diterima Sail Nias 2019 di Jakarta baru-baru ini.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Nias memang layak untuk dikembangkan karena memiliki potensi kelas dunia yang tidak perlu diragukan lagi. Pulau ini telah dinobatkan sebagai salah satu lokasi penjelajahan terbaik dunia, dan juga memiliki daya tarik wisata sejarah (megalitikum) yang hingga kini masih terawat dengan baik.

Untuk mencapai Nias, saat ini sudah tersedia penerbangan dari Jakarta, Medan dan Padang menuju Gunung Sitoli.

or cancel