Cari Event


Sandeq Race Festival 2018 : Perlombaan Perahu Tradisional Suku Mandar yang Unik di Sulawesi Barat

Sandeq Race Festival 2018 : Perlombaan Perahu Tradisional Suku Mandar yang Unik di Sulawesi Barat
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Sulawesi Barat
Start Date : Aug 11, 2018
End Date : Aug 17, 2018
Views : 2082

Sandeq adalah perahu tradisional Suku Mandar, salah satu kelompok etnis tertua di seluruh Austronesia. Sebagai ikon bangga Sulawesi Barat dan dianggap sebagai kapal tercepat di dunia tanpa mesin, sandeq bisa berlayar selama 20 sampai 30 knot (50 km / jam). Dahulu kala, perahu ini digunakan sebagai transportasi untuk berdagang dan menangkap ikan di laut. Passandeq (Pelaut Mandar) melakukan inovasi dan bodi Sandeq lebih dirampingkan. Sandeq pun dilombakan untuk menguji kecepatan dan ketangkasannya membelah ombak. Sandeq Race dikenal sebagai perlombaan perahu tradisional dengan Tag Line “The Hardest, The Longest and The Fastest”.

Pada tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan melaksanakan Sandeq Race Festival 2018 pada tanggal 11 - 17 Agustus 2018. Acara ini telah masuk dalam agenda nasional dalam Top 100 Wonderful Indonesia Events sehingga menjadikan acara ini akan lebih meriah dan banyak disaksikan wisatawan.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengatakan bahwa penyelenggaraan Sandeq Race Festival 2018 dimaksudkan untuk mengembalikan roh dari sandeq sesuai masa lalu, yang bukan hanya untuk berlayar saja, tetapi juga digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan. Namun tentunya kapal yang dipakai bukan jenis kapal yang sekarang, tetapi kapal yang bisa digunakan untuk menangkap dan menampung ikan.

Sandeq Race Festival 2018 merayakan gagasan masa lalu dan sebagai wujud penghormatan kepada semangat leluhur orang Mandar yang tinggi. Perlombaan itu benar-benar unik, karena Anda akan menyaksikan nelayan bertelanjang kaki di kano cadik bambu, tanpa teknologi, mesin, atau navigasi, mencoba melaju lebih cepat satu sama lain. Bersiaplah untuk terpesona oleh lomba berlayar paling seru  di Indonesia.

Kontak:

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat
Telepon: (+64 26) 2321817
Email: office@dispopsulbar.com

or cancel

Event Lainnya di sulawesi-barat more »

Tempat Wisata Lainnya di Sulawesi Baratmore »