Cari Event


Sawahlunto International Songket Carnival (SiSCa) 2018 : Karnaval Songket Khas Sawahlunto yang Meriah

Sawahlunto International Songket Carnival (SiSCa) 2018 : Karnaval Songket Khas Sawahlunto yang Meriah
Kategori : Festival dan Pameran
Alamat : Sawahlunto, Sumatera Barat
Start Date : Aug 24, 2018
End Date : Aug 26, 2018
Views : 2530

Sawahlunto International Songket Carnival (SiSCa) 2018 akan kembali diadakan dari tanggal 24-26 Agustus 2018 di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk merayakan dan mendongrak industri songket setempat sehingga warisan budaya ini dapat terpelihara.

"Mudah-mudahan acara ini akan menghidupkan semangat penenun untuk terus menciptakan hal baru dengan menggunakan tradisi lama Silungkang," kata Walikota Sawahlunto Ali Yusuf.

Kembali pada tahun 2015, karnaval tersebut memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk jumlah peserta terbanyak dalam sebuah acara songket.

Acara tersebut akan menampilkan Pameran Internasional Songket pada 24-26 Agustus, Cilik Fashion Show pada 24 Agustus, SISCA Night pada 25 Agustus, Konferensi Songket Nusantara pada 25 Agustus dan Karnaval Songket Silungkang pada 26 Agustus.

Songket Silungkang kebanyakan dibuat dengan tangan, yang memberikan penenun kebebasan untuk menciptakan banyak motif dan warna yang sesuai dengan keinginan pasar. Warna yang paling dominan adalah merah dan hitam tapi yang modern menawarkan banyak warna lain, seperti hijau dan biru.

Songket dianggap sebagai nilai warisan, tidak hanya karena benang emasnya tapi juga fungsinya sebagai aksesori kostum tradisional.

Menghargai acara penting ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya dengan hangat menyambut baik pementasan Karnaval Songket Internasional Sawahlunto, "Semoga hal itu tetap sebagai inspirasi tidak hanya sebagai daya tarik budaya, namun yang lebih penting sebagai sumber kreativitas bagi perancang dan operator pariwisata indonesia untuk membawa ide bagi masyarakat. Melalui Festival Songket ini kami berharap ciri khas budaya indonesia yang unik akan menjadi event yang lebih dikenal di dunia, Kami berharap sukses SISCa 2018, "kata Menteri Arief Yahya.

Sawahlunto adalah sebuah kota di Sumatera Barat yang pernah menjadi eksportir batu bara yang terkenal, namun telah  berhenti berproduksi karena berkurangnya permintaan.

Saat ini, bagaimanapun, kota ini telah mengubah dirinya menjadi Museum Pertambangan Batubara, di mana orang dapat belajar bagaimana batubara digali dan diproses pada masa lalu, dan yang terpenting bagaimana mereka terlibat dalam proses tinggal di sana.

or cancel

Event Lainnya di sumatera-barat more »