Cari Event


Jadwal Event

Favorit

Banyu Pinaruh 2018: Ritual Hindu Bali untuk Pembersihan Diri Sendiri dan Luar

Banyu Pinaruh 2018: Ritual Hindu Bali untuk Pembersihan Diri Sendiri dan Luar
Kategori : Perayaan Keagamaan
Alamat : Bali
Start Date : Mar 18, 2018
End Date : Mar 18, 2018
Views : 16

Pulau Bali yang indah tidak hanya diberkati dengan alam yang menakjubkan namun orang-orang di seluruh dunia juga tertarik ke sini oleh budaya dan tradisi spiritual Bali yang menawan yang masih terpelihara sampai hari ini. Salah satu tradisi mempesona ini akan berlangsung di sepanjang beberapa pantai terindah di pulau ini saat ritual Banyu Pinaruh berlangsung pada tanggal 18 Maret 2018.

Banyu Pinaruh adalah ritual pembersihan diri yang dilakukan oleh pengikut Hindu di Pulau yang berlangsung pada hari Minggu setelah perayaan Saraswati.

Pada hari Banyu Pinaruh, semua pemimpin Bali menuju pantai, sungai, mata air atau sumber air lainnya untuk membersihkan diri baik secara fisik maupun spiritual. Ritual dimulai pada subuh sekitar pukul 05.30 pagi seperti sinar matahari pertama mulai muncul, saat orang mulai berjalan ke pantai sebagai simbol merangkul semangat dan energi suatu hari yang baru. Sama seperti ritual lain di Pulau, akan ada nyanyian sekaligus persembahan bunga dan hadiah lainnya kepada para dewa.

Orang kemudian menyeberang ke dalam air untuk mencuci diri, yang diikuti dengan ritual 'kum-kuman', artinya mencuci dengan air suci yang telah dibuat harum oleh berbagai bunga yang bersama-sama telah diberkati oleh pedanda.

Tidak hanya penduduk setempat, tapi setiap orang termasuk wisatawan dipersilahkan untuk bergabung dalam tradisi ini. Selain membasuh tubuh fisik seseorang, Banyu Pinaruh, selain itu, bertujuan untuk membersihkan semua pikiran negatif dan kegelapan yang tetap ada di dalam pikiran dan hati, tidak hanya melalui air namun yang terpenting melalui pengetahuan dan kebijaksanaan yang diberikan dan dirayakan selama hari Saraswati.

Ritual Banyu Pinaruh juga menampilkan tradisi minum minuman lokal yang disebut Racem. Uniknya, racem merupakan minuman lokal yang juga banyak diminati wisatawan mancanegara.

Inilah kesempatan sempurna Anda untuk benar-benar merasakan semangat magis Bali. Pastikan untuk bangun lebih awal sebelum fajar dan bergabung dalam tradisi unik ini yang diadakan di sepanjang beberapa pantai terbaik di Bali yang meliputi Kuta, Sanur, Nusa Dua, Melasti, Pantai Pandawa, dan banyak lagi di sekitar Bali.

or cancel