Cari Event


Yadnya Kasada Bromo 2019 : Upacara Persembahan Suku Tengger yang Unik di Gunung Bromo

Yadnya Kasada Bromo 2019 : Upacara Persembahan Suku Tengger yang Unik di Gunung Bromo
Kategori : Perayaan Keagamaan
Alamat : Gunung Bromo, Jawa Timur
Start Date : Jun 17, 2019
End Date : Jun 19, 2019
Views : 699

Upacara Yadnya Kasada Bromo adalah hari upacara dalam bentuk persembahan untuk persembahan Sang Hyang Widhi. Setiap bulan Kasada 14 hari di kalender Jawa mengadakan upacara persembahan untuk Sang Hyang Widhi dan leluhur.

Gunung Bromo telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata internasional utama di Jawa Timur, Indonesia. Lanskapnya yang indah dan karakteristik geologisnya yang unik telah menjadi magnet kuat yang menarik wisatawan untuk datang untuk melihat keindahannya sendiri. Dikelilingi oleh lautan pasir dan juga sabana di sisi selatannya, bersama dengan asap yang keluar dari kawahnya, Gunung Bromo menawarkan pemandangan indah yang menakjubkan bagi para pengunjungnya. Matahari terbit di atas Gunung Bromo juga dikatakan sebagai salah satu yang paling indah di dunia.

Upacara Tradisional Kasad Yadnya di Gunung Bromo dirayakan setiap tahun. Keberadaan Festival Yadnya Kasada memiliki acara-acara penting yang selalu diadakan sebagai persembahan kepada para dewa. Mereka merayakan upacara Yadnya Kasada sebagai bentuk rasa terima kasih atas hadiah para dewa untuk kesejahteraan, panen berlimpah, dll. Waktu festival untuk Upacara Yadnya Kasada di Bromo selalu dirayakan setiap tahun dan upacara Bromo Kasada 2019 menurut kalender Jawa kuno ritual Yadnya Kasada selalu diadakan pada saat bulan purnama.

Tepat pada malam bulan ke-14 Kasada, suku Tengger bersama-sama membawa persembahan ternak dan pertanian ke Pura Luhur Poten dan menunggu sampai tengah malam ketika dukun menahbiskan para tetua. Selanjutnya, persembahan yang dipersiapkan dibawa ke puncak kawah gunung untuk dilemparkan ke dalam kawah sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Bagi suku Tengger, persembahan dilemparkan ke kawah Bromo sebagai bentuk sumpah atau rasa terima kasih untuk ternak dan pertanian yang melimpah. Di kawah nampaknya telah menunggu banyak pengemis dan populasi yang tinggal di pedalaman. Yang menarik mereka sejak dulu pernah datang ke sini bahkan dengan sengaja mendirikan tempat tinggal sementara di sekitar Gunung Bromo dan berharap mendapat ongkek - ongkek yang berisi sesaji buah, ternak, juga uang. Aktivitas bertengger pedalaman warga yang berada di kawah Gunung Bromo dapat Anda saksikan dari waktu malam hingga siang hari sebelum Upacara Kasada Yadnya dirayakan. Perayaan Kasada di Gunung Bromo dijadwalkan akan diadakan pada tanggal 17 – 19 Juni 2019.

or cancel