Cari Event


Jadwal Event

Favorit

Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta : Pesta Olahraga Terbesar di Asia

Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta : Pesta Olahraga Terbesar di Asia
Kategori : Perlombaan
Alamat : Jakarta, Palembang
Website : asiangames2018.id
Start Date : Aug 18, 2018
End Date : Sep 2, 2018
Views : 90

Semua mata penggemar olahraga di seluruh Asia dan dunia akan beralih ke Indonesia ketika acara olahraga terbesar dan paling bergengsi di Asia, Asian Games 2018 akan diselenggarakan dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Untuk pertama kalinya, Asian Games akan diselenggarakan di dua kota di Indonesia: di Jakarta, ibu kota negara, dan Palembang, ibukota Provinsi Sumatra Selatan. Selain itu, acara juga akan disebarkan ke tempat-tempat di sekitar dua kota termasuk  Bandung dan kota-kota lain di provinsi-provinsi yang berdekatan di Jawa Barat dan Banten.

Asian Games tahun ini mengusung tema: "Energy of Asia" yang diwakili dalam logo yang menggambarkan Stadion Nasional Grand Bung Karno di Jakarta dengan matahari di tengah menjadi simbol Asian Games. Logo tersebut menggambarkan tiga aspek utama, yaitu: Asia, Olahraga, dan Indonesia. Jiwa "Energi Asia" sendiri tertanam dalam keragaman budaya, bahasa, dan sejarah yang menyatu bersama menciptakan energi yang kuat meningkatkan semangat persahabatan dan sportivitas.

Asian Games 2018 juga memperkenalkan tiga maskot yang menampilkan hewan endemik Indonesia yang paling terkenal: Bhin Bhin mewakili Strategi dalam bentuk Cendrawasih atau “Bird of Paradise” yang luar biasa mengenakan rompi dengan motif etnis Asmat Papua yang berbeda; kemudian ada Atung yang mewakili Kecepatan dalam bentuk Rusa Bawean yang cepat mengenakan sarung dengan motif tumpal tradisional dari Jakarta; dan ketiga adalah Kaka mewakili Kekuatan yang merupakan Badak Bertanduk Satu yang mengenakan syal dengan motif bunga tradisional khas dari Palembang.

Persiapan untuk acara penting ini sedang berlangsung baik di Jakarta dan Palembang. Di ibu kota, Stadion Nasional Bung Karno di jantung Jakarta telah dipugar sepenuhnya sementara arena Olahraga lainnya terus dibangun kembali dan ditingkatkan, siap untuk banyak balapan dan kompetisi yang mengasyikkan. Wisma Atlet di daerah Kemayoran hampir selesai begitu juga semua fasilitas olahraga di Palembang. Akses jalan ke semua tempat olahraga dari wisma atlet akan dibersihkan dan bus khusus tersedia untuk komuter yang cepat dan nyaman bagi para atlet.

Semua 45 negara anggota yang berafiliasi dengan Olympic Council of Asia (OCA)  telah mengkonfirmasi berpartisipasi dalam permainan. Mereka adalah: Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Bahrain, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina, Hong Kong, Indonesia, India, Atlet Olimpiade Independen (Kuwait), Iran, Irak, Yordania, Jepang, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Korea Selatan, Arab Saudi, Laos, Lebanon, Makau, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman, Pakistan, Filipina, Palestina, Korea Utara, Qatar, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Thailand, Tajikistan, Turkmenistan, Timor Leste, Cina Taipei, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, dan Yaman.

Akan ada 462 acara di 40 pertandingan olahraga yang akan dipertandingkan dalam permainan. Ini termasuk: Akuatik, Panahan, Atletik, Badminton, Baseball & Softball, Basket, Bowling, Tinju, Bridge, Kano / Kayak, Bersepeda, Berkuda, Anggar, Sepak Bola, Golf, Senam, Bola Tangan, Hoki, Jet Ski, Judo, Kabaddi, Karate, Seni Bela Diri, Pentathlon Modern, Paragliding, Roller Sport, Rowing, Rugby, Sailing, Sepak Takraw, Menembak, Sport Climbing, Squash, Tenis Meja, Taekwondo, Tenis, Triathlon, Voli, Angkat Besi, dan Gulat.

Tahun lalu, pada 18 Agustus 2017, untuk menandai momen hitung mundur satu tahun menuju Olimpiade, acara serentak diadakan di Monumen Nasional Jakarta dan Benteng Kuto Besak di Palembang. Acara di Jakarta ini dihadiri oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, dan menampilkan pertunjukan yang memukau termasuk penampilan Taeyeon dan Kim Hyo-yeon dari grup K-pop Girls 'Generation. Jam hitung mundur diresmikan di Monumen SelamatDatang di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, dan di depan Stadion Gelora Sriwijaya di Palembang.

Arakan Obor Asian Games 2018 akan dimulai pada tanggal 17 Juli 2018 di Stadion Nasional Mayor Dhyan Chand di New Delhi yang menjadi tuan rumah Asian Games pertama pada tahun 1951. Api akan dihasilkan dari cermin parabola yang diarahkan langsung ke matahari. Obor kemudian akan dibawa ke nyala api abadi di Mrapen, Jawa Timur pada tanggal 18 Juli dan kemudian akan menyatu dengan api dari nyala abadi, sehingga memulai arakan nasional. Obor obor akan berakhir di Monumen Nasional di Jakarta pada tanggal 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia.

Esoknya obor itu akan dibawa ke Stadion Nasional Bung Karno untuk menandai Pembukaan Resmi Asian Games 2018.

Untuk informasi lebih lanjut, masuk ke: https://asiangames2018.id

or cancel