Cari Event


Jadwal Event

Tour De Flores (TDF) 2018 : Perlombaan Balap Sepeda Internasional yang Menantang di Pulau Flores

Tour De Flores (TDF) 2018 : Perlombaan Balap Sepeda Internasional yang Menantang di Pulau Flores
Kategori : Perlombaan
Alamat : Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur
Start Date : May 6, 2018
End Date : May 16, 2018
Views : 1492

Setelah sukses menyelenggarakan Tour De Flores tahun lalu, tahun ini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan didukung sepenuhnya Kementerian Pariwisata akan kembali  menggelar Tour De Flores (TDF) 2018 yang akan dilaksanakan tanggal 6 - 16 Mei 2018.

Tour de Flores adalah kejuaraan balap sepeda jalan di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, dan berlangsung selama beberapa hari sebagai agenda resmi UCI Asia Tour class. Acara olahraga tahunan sudah dimulai di Larantuka dan berakhir di Labuan Bajo dengan jarak tempuh lebih dari 700 kilometer dalam 5 etape selama sepuluh hari.

Tour De Flores 2018 diadakan karena terinspirasi dengan Event sejenis lainnya, seperti Tour De France (Sejak 1903), Tour De Singkarak (Sejak 2009) dan Tour De Banyuwangi “Ijen” (sejak 2012), yang merupakan event olahraga namun meliliki dampak Pariwisata yang luar biasa. Tour De Flore akan menempuh jarak sepanjang 743 KM dan terdiri atas 5 Etape. Berawal dari Larantuka di Flore timur, Sampai Labuan Bajo di Manggarai Barat.

Tour de Flores bertempat di Pulau Flores yang menyajikan acara olah raga kelas dunia sambil menikmati keindahan pulau eksotis di sepanjang pantai yang spektakuler, heterogenitas etnisitas, budaya, tradisi megalitik, bahasa, agama, fauna langka Komodo (Varanus romodoensis dan Varanus riungensis), Danau Kelimutu, Pink Beach dan lain-lain.

5 etape perjalanan melalui semua wilayah pulau seluas 14.300 kilometer persegi di berbagai suhu. Flores memiliki dua musim, namun masing-masing daerah memiliki perbedaan suhu yang memberi pengendara tantangan nyata.

Tour de Flores tahun yang lalu melewati jalur jalan sepanjang lebih dari 660 kilometer dalam enam tahap. Tahap 1 adalah Larantuka - Maumere, Tahap 2 Maumere - Ende, Tahap 3 Ende - Bajawa, Tahap 4 Bajawa - Borong, Tahap 5 Borong - Ruteng dan Tahap 6 Ruteng - Labuan Bajo.

Trek balap melewati pantai utara, pegunungan dan pantai selatan. Jalanannya berkelok-kelok sehingga pengendara dan pengunjung bisa memperlakukan pemandangan alam tidak monoton. Tour de Flores juga menyertakan Raja Gunung berkompetisi di Watuneso-Wolowaru, Wolowaru-Moni dan Borong-Ruteng.

or cancel