Cari Event


Tour De Lombok Mandalika 2018 : Bersepeda Melintasi Pulau Lombok yang Menawan

Tour De Lombok Mandalika 2018 : Bersepeda Melintasi Pulau Lombok yang Menawan
Kategori : Perlombaan
Alamat : Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Start Date : Apr 5, 2018
End Date : Apr 9, 2018
Views : 1881

Akan kembali menggairahkan keindahan Pulau Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Tour de Lombok Mandalika akan berlangsung pada tanggal 5 sampai 9 April 2018. Menggabungkan kompetisi bersepeda yang sengit dengan kemegahan alam Lombok yang indah, ini benar-benar menjanjikan untuk menjadi olahraga yang menarik sambil berwisata.

Perlombaan dibagi menjadi 4 tahap. Tahap pertama akan membawa pengendara dari Kota Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat ke Pantai Kuta di Lombok Tengah dengan jarak tempuh 126 km. Tahap kedua akan dimulai dari Pelabuhan Bangsal ke desa Senaru di Lombok Utara yang meliputi jarak 113 km. Sedangkan tahap ke 3 meliputi 115 km dari Pantai Kuta di Lombok Tengah ke Sembalun di Lombok Timur. Dan tahap ke-4 dan terakhir akan menjadi balapan sirkuit sepanjang 112 km tepat di jantung Kota Mataram. Balapan sirkuit pada tahap akhir akan terdiri dari 10 lap di mana lap 3,6, dan 9 mengutamakan sprint tracks. Selain bersepeda melewati beberapa pemandangan menarik Lombok, pembalap harus mengendarai beberapa tantangan ekstrem yang meliputi jalur mendaki yang curam dari Sembalun sampai ke kaki Gunung Rinjani.

Tahun lalu, bersaing dengan total hadiah uang tunai sebesar Rp 800 Juta, Tour de Lombok Mandalika menghadapi persaingan ketat di antara 17 tim balap yang terdiri dari 17 tim internasional dan 5 tim Indonesia. Diantaranya adalah pesepeda dan tim bersepeda dari Eropa, China, Malaysia, Australia, Kuwait, Laos, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Singapura, dan Iran.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalo Faozal menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mendorong promosi wisata alam dan budaya, kuliner dan perbelanjaan Lombok ke seluruh dunia. Dia memproyeksikan bahwa Tour de Lombok Mandalika tidak hanya akan menjadi acara satu kali saja, namun akan terus diadakan secara reguler sebagai acara tahunan.

"Pembalap akan dipresentasikan dengan beberapa pemandangan dan daya tarik pulau yang paling menakjubkan. Oleh karena itu, kami berharap pembalap akan kembali lagi dan lagi ke Lombok tidak hanya untuk berpartisipasi dalam kompetisi , tetapi juga untuk menikmati diri mereka sendiri dengan orang yang mereka cintai sebagai turis Lombok Wonderful, "kata Lalo Faozal.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya berkomentar bahwa acara olahraga berskala internasional dapat memberi dampak langsung dan nilai media tinggi bagi Lombok pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. "Tour de Lombok Mandalika bisa mendongkrak pasar minat khusus termasuk dalam olahraga rekreasi. Sebagai pengendara mengambil jalur balap yang menantang, mereka juga bisa menikmati pemandangan indah pantai berpasir putih dan laut biru jernih, hutan rimbun, serta perbukitan hijau dan pegunungan. Dilengkapi dengan fasilitas yang lebih dari cukup, Tour de Lombok Mandalika diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan ke Lombok yang akan tinggal lebih lama dan mengeksplorasi lebih jauh berbagai atraksi di pulau ini, "kata Menteri Arief Yahya.

Dengan pantai yang indah, Gunung Rinjani yang menjulang dan kehidupan laut yang spektakuler untuk ditemukan, pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat tidak kekurangan tempat tinggal baik di dalam dan di luar perairan. Tak heran bila Lombok adalah tujuan paling populer di Nusa Tenggara Barat. Peselancar yang sudah profesional suka menaklukan ombak besar di sepanjang pantai selatan Lombok. Menantang diri Anda dengan mendaki puncak gunung berapi yang curam. Menyewa sepeda dan berkendara  melalui sawah hijau subur. Apapun cara Anda memilih menghabiskan waktu Anda, Anda tidak akan kecewa dengan keindahan alam yang spektakuler yang ditampilkan di sini.

Ada penerbangan harian antara Bali dan Jakarta menuju Bandara Internasional Lombok yang terletak di Tanah Awu, di Kabupaten Lombok Tengah. Bandara ini terletak sekitar 30 km dari Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat.

or cancel

Event Lainnya di nusa-tenggara-barat more »